[POPULER OTOMOTIF] Parkir Mobil Matik, Oper Tuas ke P atau Tarik Rem Tangan Duluan? | Salah Kaprah, Perawatan Mobil Matik Tidak Perlu Kuras Oli Transmisi

Kompas.com - 24/09/2022, 06:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering kali para pengemudi mobil bertransmisi otomatis atau matik merasakan tuas persneling agak keras digeser saat parkir di tanjakan atau turunan. Banyak yang beranggapan bahwa kondisi tersebut dapat merusak girboks.

Anggapan tersebut ternyata salah, karena tidak akan sampai merusak girboks. Namun, ada cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati kondisi tersebut.

Sementara itu, salah satu bentuk perawatan pada mobil matik adalah mengganti oli transmisi secara rutin. Namun, ada anggapan bahwa tidak cukup hanya mengganti oli, tapi perlu juga mengurasnya.

Sebagian orang beranggapan bahwa di dalam bak oli transmisi, lama kelamaan akan terdapat banyak kotoran. Sehingga, perlu dikuras untuk mengeluarkan semua oli dan kotorannya.

Baca juga: Cara Paling Mudah Merawat Transmisi Mobil Matik

Selengkapnya, berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Jumat (23/9/2022):

1. Parkir Mobil Matik, Oper Tuas ke P atau Tarik Rem Tangan Duluan?

Tanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova DieselKompasOtomotif Tanjakan ekstrem dilibas dengan mudah pakai Kijang Innova Diesel

Technical Service Division Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mengatakan, jika ingin terasa mulus saat memindahkan tuas persneling, sebaiknya tarik rem tangan terlebih dahulu saat parkir.

"Begitu mobil berhenti, tarik rem tangan dulu, baru pindah ke P. Jangan dibalik," ujar Bambang, kepada wartawan, saat ditemui di Sunter, beberapa waktu lalu.

 

Baca juga: Parkir Mobil Matik, Oper Tuas ke P atau Tarik Rem Tangan Duluan?

2. Salah Kaprah, Perawatan Mobil Matik Tidak Perlu Kuras Oli Transmisi

Mekanik bengkel sedang melakukan pergantian oli matik dengan cara di kurasDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel sedang melakukan pergantian oli matik dengan cara di kuras

Technical Service Division Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, mengatakan, sebenarnya hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.