Kompas.com - 24/09/2022, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca jendela mobil biasanya sudah dilengkapi dengan motor power window untuk membantu pengendara membuka dan menutup kaca.

Sehingga, tidak perlu lagi ngengkol, sekali pencet tombol maka kaca bisa membuka atau menutup dengan mudah.

Hanya saja power window membutuhkan perawatan agar tetap berfungsi baik, karena kalau sampai macet, repot jadinya. Tanda power window butuh dirawat biasanya muncul bunyi saat kaca membuka atau menutup. Itu perlu dilakukan tindakan agar power window tetap awet.

Baca juga: Beberapa Penyebab yang Bikin Power Window Macet

power windowKompas.com/Erwin Setiawan power window

Mekanik Nissan Bintaro Ahmad Sudiono mengatakan, bunyi yang timbul ketika kaca jendela mobil membuka dan menutup bisa menjadi tanda bahwa komponen power window memerlukan perawatan.

“Bunyi tersebut menandakan ada bagian yang kering, baik di bagian mekanis power window maupun yang bersentuhan dengan kaca, untuk pelumasannya pun berbeda tekniknya,” ucap Dion kepada Kompas.com, Sabtu (24/9/2022).

Dia mengatakan untuk melumasi mekanisme power window, perlu melakukan pembongkaran trim pintu.

Baca juga: Ini Penyebab Kaca Jendela Mobil Berat Saat Ditutup

Power window kaca mobilDicky Aditya Wijaya Power window kaca mobil

“Di balik trim terdapat mekanisme power window, ada yang menggunakan rel atau kabel, cara melumasinya tinggal membersihkan gemuk yang mengering, setelah itu dilumasi ulang dengan gemuk yang baru,” ucap Dion.

Dia menjelaskan, bunyi bisa bersumber dari gesekan rel atau kabel yang kering tersebut. Biasanya, seiring pemakaian gemuk memang bisa mengering dengan sendirinya. Jika hal itu dibiarkan maka, ujungnya bisa menimbulkan kerusakan komponen.

“Bila kurang pelumas, selain menimbulkan bunyi juga akan membuat kerja motor power window semakin berat karena rel menjadi seret, itu akan memperpendek usia komponen, khususnya motor power window,” ucap Dion.

Baca juga: Saat Mobil Parkir di Ruang Terbuka, Apa Perlu Buka Kaca Jendela?

Ilustrasi talang air kaca mobilDicky Aditya Wijaya Ilustrasi talang air kaca mobil

Sementara itu, bunyi decit juga bisa bersumber dari pertemuan kaca dengan karet yang menjadi dudukan kaca, yang menempel di pintu.

“Ketika karet itu kering, maka kaca yang bergerak akan menghasilkan bunyi decit, selain bunyi juga bisa bikin kaca seret saat dinaikkan, lumasi dengan semprotan silikon agar karet kembali licin, jangan menggunakan gemuk karena karet kaca membutuhkan pelumasan khusus,” ucap Dion.

Jadi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika kaca jendela mobil berbunyi decit saat dinaikan atau diturunkan. Mulai dengan melumasi karet dengan semprotan silikon, hingga perlu melakukan pembongkaran untuk melumasi mekanisme power window.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.