Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengoperasikan Innova Zenix Supaya Lebih Jago Menanjak

Kompas.com - 20/04/2024, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Toyota Innova Zenix akhir-akhir ini menjadi perbincangan banyak orang setelah viral di media sosial gagal menanjak di Dieng, Jawa Tengah.

Padahal, tanjakan tersebut dinilai netizen tidak terlalu curam. Tidak sedikit mereka berpendapat bila menggunakan Innova Reborn tidak akan mengalami hal demikian karena masih memakai sistem penggerak roda belakang (RWD).

Kendati demikian semua varian Zenix baik yang hybrid atau konvensional menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD). Hal itu kerap disayangkan karena tenaga mobil ini dinilai cukup besar tapi tidak didukung dengan power train yang mendukung kondisi jalan di Tanah Air.

Baca juga: Rawan Kehilangan Traksi, Kenapa Innova Zenix Pakai Sistem FWD?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Achmad Subechi (@achmad_subechi)

 

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving (JDDC) mengatakan, mobil dengan sistem penggerak roda depan (FWD) lebih rawan selip saat melewati tanjakan, terlebih lagi kondisinya licin sehingga diperlukan skill khusus.

“Ketika ingin melewati rintangan yang licin atau menanjak, jangan menginjak pedal gas terlalu dalam karena penggerak roda depan itu lebih mudah kehilangan cengkraman. Jika ban mobil sudah spin, kendaraan justru akan merosot di tanjakan, atau diam ditempat,” kata Jusri kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jusri mengatakan untuk memulainya, pastikan roda berputar secara perlahan agar traksi tetap terjaga. Hal ini berbeda dengan cara pengemudi Innova Zenix di dalam video viral tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Mobil, Sebaiknya yang Pakai Sistem FWD atau RWD?

Video viral Innova Zenix gagal menanjakTangkapan layar Video viral Innova Zenix gagal menanjak

“Gunakan juga rem tangan untuk menahan kendaraan tidak merosot saat mobil mulai bergerak, lalu turunkan rem tangan dan tekan gas secara halus dan bertahap, jangan buru-buru menginjak pedal gas.” ucap Jusri.

Eko Sulistyo, Technical Leader Nasmoco Demak mengatakan Innova Zenix dibekali transmisi otomatis dan FWD, sehingga membutuhkan cara pengoperasian khusus saat menanjak.

“Pengemudi bisa memanfaatkan fitur traction control, default-nya On jadi pastikan tidak mengubah settingan tersebut agar fitur tetap aktif, selanjutnya gunakan percepatan rendah dan memulainya dengan gas perlahan,” ucap Eko kepada Kompas.com, Senin (15/4/2024).

Baca juga: Apa Benar Mobil FWD Lebih Mudah Melibas Tanjakan?


Eko mengatakan traction control akan membatasi putaran mesin serta membuat roda mengerem secara otomatis ketika mulai terdeteksi selip. Dengan demikian, traksi atau cengkeraman tapak ban tetap baik.

“Selain itu, memang setiap mobil memiliki batas, bila tanjakan terlalu ekstrem maka bisa jadi mobil tersebut memang tidak sanggup, jadi jangan dipaksakan lebih baik cari jalan alternatif, selain itu skill pengemudi juga menentukan,” ucap Eko.

Eko mengatakan permukaan jalan yang licin baik basah atau berpasir juga akan mempengaruhi tingkat kesulitan sebuah tanjakan untuk dilewati selain kemiringan medan jalan. Jadi ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com