Kompas.com - 17/09/2022, 08:42 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - Kenaikan harga BBM akhir-akhir ini membuat sebagian orang perlu memutar otak agar konsumsi BBM mobil tidak terlalu boros.

Salah satu yang biasa dilakukan yaitu mematikan AC saat berkendara. Kesimpulan ini diyakini oleh sebagian orang dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Tapi yang menjadi masalah adalah berkendara tanpa AC tentu tidak nyaman, terutama di siang hari. Tidak perlu dilema berkepanjangan, simak penjelasan berikut ini!

Baca juga: Manfaat Servis AC Mobil secara Berkala

Ilustrasi berkendara bersama anggota keluarga. 

Dok. Shutterstock/imtmphoto Ilustrasi berkendara bersama anggota keluarga.

Pemilik bengkel spesialis Lison AC Muhlison mengatakan, sebenarnya perbedaan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan AC atau tidak, relatif kecil karena ketika berkendara mobil dalam putaran mesin tinggi.

“Bedanya sedikit, karena saat kendaraan melaju putaran mesin cenderung tinggi, lebih tinggi dari saat stasioner dengan menyalakan AC, jadi ya kalau pun ada perbedaan itu kecil karena idle up sudah tidak dianggap lagi,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Dia mengatakan penggunaan AC tentu sepadan dengan kenyamanan yang didapatkan pengendara.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal supaya Hemat Bahan Bakar?

Ilustrasi berkendara di malam hariKompas.com/ApridaMegaNanda Ilustrasi berkendara di malam hari

“Kalau mengaktifkan AC kan pengendara dan penumpang merasakan nyamannya, kabin sejuk, udara bersih, sementara membuka kaca jendela akan membuat kabin panas dan terpapar polusi jika sedang melintas di jalan raya,” ucap Muhlison.

Menurut Muhlison setiap pemakaian AC pada mobil memang membutuhkan BBM yang lebih banyak, tapi tidak terlalu banyak. Sehingga, dia masih mentoleransi hal tersebut demi mendapatkan kenyamanan saat berkendara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.