Kompas.com - 14/09/2022, 10:12 WIB

KENDAL, KOMPAS.com - AC mobil perlu dirawat secara rutin agar performanya tetap baik. Jika tidak maka sistem AC bisa tersumbat oleh kotoran yang bisa menyebabkan kabin kurang sejuk saat AC diaktifkan.

Hal itu tentu saja membuat sebagian orang tidak nyaman karena di dalam kabin menjadi panas. Rasa khawatir pun bisa saja muncul karena tiba-tiba AC tidak mampu menyejukkan udara di dalam kabin.

Jika saluran AC sudah tersumbat, maka solusinya adalah melakukan pembersihan total saluran AC, tidak cukup jika hanya melakukan servis rutinan. Lantas, apa sih bedanya servis rutin AC mobil dan pembersihan total?

Baca juga: Ini Alasan Komponen AC Mobil Modern Sekali Rusak Harus Ganti

Perbandingan drier pampat dan baruErwin Setiawan Perbandingan drier pampat dan baru

Pemilik Lison AC Muhlison, mengatakan jika AC mobil rutin diservis maka pembersihan total tidak perlu dilakukan, karena saluran AC cenderung lebih bersih dan tidak ada sumbatan.

Pembersihan total pada setiap saluran, mulai dari pipa-pipa, evaporator, kondensor, kompresor, pokoknya semua, ini bertujuan menghilangkan kotoran yang menjadi pemicu sumbatan,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Dia mengatakan AC mobil yang jarang diservis akan membuat kotoran menumpuk dan lama-lama menyumbat saluran AC, sehingga performanya menurun.

Baca juga: Berapa Suhu AC Mobil yang Ideal supaya Hemat Bahan Bakar?

Sight glass dapat membaca kondisi freonErwin Setiawan Sight glass dapat membaca kondisi freon

“Kalau AC mobil jarang diservis, drier atau saringan tidak diganti secara rutin, oli kompresor tidak diganti secara rutin, maka kotoran akan menumpuk bahkan tersebar di seluruh saluran AC, itu yang sebenarnya perlu dihindari,” ucap Muhlison.

Dia mengatakan pembersihan total dan servis rutin itu berbeda. Biaya servis rutin lebih murah karena tidak perlu membongkar semua komponen pada sistem AC mobil.

“Pembersihan total ya bongkar semua komponen yang akan dibersihkan dari oli kompresor yang kotor atau hitam, setelah bersih dipasang kembali dengan drier atau saringan yang baru, oli kompresor dan freon baru, jadi segar seperti baru lagi,” ucap Muhlison.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.