Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Benar Berkendara Pakai AC Menyala Bikin Boros BBM?

KENDAL, KOMPAS.com - Kenaikan harga BBM akhir-akhir ini membuat sebagian orang perlu memutar otak agar konsumsi BBM mobil tidak terlalu boros.

Salah satu yang biasa dilakukan yaitu mematikan AC saat berkendara. Kesimpulan ini diyakini oleh sebagian orang dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Tapi yang menjadi masalah adalah berkendara tanpa AC tentu tidak nyaman, terutama di siang hari. Tidak perlu dilema berkepanjangan, simak penjelasan berikut ini!

Pemilik bengkel spesialis Lison AC Muhlison mengatakan, sebenarnya perbedaan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan AC atau tidak, relatif kecil karena ketika berkendara mobil dalam putaran mesin tinggi.

“Bedanya sedikit, karena saat kendaraan melaju putaran mesin cenderung tinggi, lebih tinggi dari saat stasioner dengan menyalakan AC, jadi ya kalau pun ada perbedaan itu kecil karena idle up sudah tidak dianggap lagi,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Dia mengatakan penggunaan AC tentu sepadan dengan kenyamanan yang didapatkan pengendara.

“Kalau mengaktifkan AC kan pengendara dan penumpang merasakan nyamannya, kabin sejuk, udara bersih, sementara membuka kaca jendela akan membuat kabin panas dan terpapar polusi jika sedang melintas di jalan raya,” ucap Muhlison.

Menurut Muhlison setiap pemakaian AC pada mobil memang membutuhkan BBM yang lebih banyak, tapi tidak terlalu banyak. Sehingga, dia masih mentoleransi hal tersebut demi mendapatkan kenyamanan saat berkendara.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/17/084200715/apa-benar-berkendara-pakai-ac-menyala-bikin-boros-bbm-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke