Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Komponen AC Mobil Modern Sekali Rusak Harus Ganti

Kompas.com - 13/09/2022, 12:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KENDAL, KOMPAS.com - Mobil-mobil modern memang memiliki sistem AC yang lebih bagus daripada mobil-mobil tua. Hal ini tidak terlepas dari komponen-komponen yang mendukungnya.

Hampir semua mobil-mobil modern menggunakan komponen utama yang lebih rumit dengan bahan yang lebih sederhana. Seperti kondensor dan evaporator, meski memiliki kemampuan yang lebih baik, komponen tersebut umumnya berbahan tipis dan rapat.

Hal itu lah yang menyebabkan komponen AC mobil modern tidak bisa diperbaiki. Sehingga, sekali mengalami rusak atau bocor maka solusinya harus diganti.

Baca juga: Benar atau Tidak, Kekurangan Freon Bisa Bikin AC Mobil Rusak

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Pemilik Lison AC Muhlison, mengatakan bukan tidak mau untuk memperbaiki, tapi tidak memungkinkan onderdil seperti kondensor dan evaporator pada mobil modern untuk diperbaiki.

“Evaporator dan kondensor pada mobil-mobil modern itu sudah berbeda dengan mobil-mobil tua, bahannya lebih tipis dan rapat, hal itu yang menyebabkan komponen tersebut tidak mungkin untuk diperbaiki,” ucap Muhlison kepada Kompas.com, Senin (12/9/2022).

Dia mengatakan untuk memperbaiki kondensor dan evaporator yang bocor, biasanya membutuhkan kemampuan khusus dan itu pun hanya bisa efektif untuk perbaikan pada komponen AC mobil-mobil tua.

Baca juga: Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

“Menambal kebocoran pada evaporator atau kondensor itu kan harus dilas pakai bahan aluminium, kalau pipanya yang bocor terlalu rapat dengan pipa lainnya seperti pada mobil-mobil moden kan nggak mungkin bisa ditambal,” ucap Muhlison.

Tidak hanya itu, komponen-komponen utama AC pada mobil modern juga seakan didesain untuk pemakaian sampai waktu tertentu saja. Bahannya itu tipis dan sederhana, mungkin hal ini juga untuk menekan biaya produksi.

“Bahan yang tipis juga semakin mempersempit keberhasilannya, hampir semua mobil-mobil modern seperti itu seakan desainnya memang untuk sekali pakai saja,” ucap Muhlison.

Baca juga: Mengenal Fungsi Sight Glass pada AC Mobil

Sight glass dapat membaca kondisi freonErwin Setiawan Sight glass dapat membaca kondisi freon

Jadi, komponen utama sistem AC seperti kondensor dan evaporator pada mobil-mobil modern sekali rusak memang harus diganti, karena desainnya yang lebih rapat serta bahan yang digunakan lebih tipis. Hal itu tentu sulit untuk diperbaiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com