Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Kompresor AC Mobil Rusak Tidak Bisa Diperbaiki

Kompas.com - 07/09/2022, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kompresor AC merupakan komponen utama dalam sistem AC mobil. Dia berfungsi menyedot untuk memberi kevakuman pada pipa saluran tekanan rendah dan menekan freon pada pipa saluran tekanan tinggi.

Kompresor memegang peran penting sebab dia yang menentukan keberhaislan freon dalam berubah wujud dari cair ke gas begitu juga sebaliknya. Tanpa kompresor yang baik, maka AC tidak akan dingin.

Pemilik Abadi Teknik Spesialis AC Mobil Wahyu, mengatakan bila kompresor sudah rusak maka solusinya diganti, kecuali yang rusak hanya sealnya saja.

Baca juga: Penyebab AC Mobil Bau Tidak Sedap

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

“Kalau kompresor rusak sudah susah, bahkan tidak bisa diperbaiki, kecuali sealnya saja yang rusak, tapi kan biasanya pistonnya juga tergores kalau sampai kompresor rusak, itu solusi paling tepat melakukan penggantian,” ucap Wahyu kepada Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Dia mengatakan kompresor sebenarnya merupakan komponen yang awet jika selalu mendapatkan pelumasan yang teratur.

“Itu lah pentingnya oli kompresor, sebagai pelumas, sehingga kompresor mampu memberi tekanan dan kevakuman dengan baik dan awet,” ucap Wahyu.

Baca juga: Tanda-tanda Kondensor AC Mobil Minta Diganti

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

Dia juga mengatakan selain pelumasan yang kurang, freon yang berkurang juga bisa jadi penyebab kompresor rusak.

“Ketika freon kurang, itu kerja kompresor menjadi lebih berat karena akan bekerja terus selama suhu ideal tidak tercapai, jadi kompresor menjadi mudah rusak,” ucap Wahyu.

Dia juga menjelaskan kompresor yang mulai rusak ditandai dengan bunyi kasar di area kompresor. Bila tanda tersebut sudah muncul sebaiknya melakukan pemeriksaan untuk menentukan tindakan yang diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com