Kompas.com - 07/09/2022, 06:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez akhirnya kembali mengendarai Honda RC213V. Kehadiran Marquez dalam sesi tes di Sirkuit Misano, Italia, ternyata tidak berjalan lancar.

Pebalap Repsol Honda ini menyelesaikan 39 lap pada Selasa (6/9/2022). Catatan waktu tercepatnya hanya 1 menit 32,395 detik. Dia masih tertinggal 0,864 detik dari Aleix Espargaro yang mencatatkan waktu tercepat pada hari pertama sesi tes ini.

Namun, Marquez hanya mengikuti sesi tes ini pada pagi hari saja. Siang harinya, dia hanya menyaksikan para rivalnya turun ke sirkuit.

Baca juga: Alex Marquez Ingin Segera Pindah ke Ducati

Meski diakuinya operasi dan penyembuhannya sudah berjalan dengan baik, tapi Marquez masih terlihat memegang lengan kanan bagian atas sesekali waktu.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)JAVIER SORIANO Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Spanyol 2022. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP)

"Saya senang, saya masih tahu bagaimana cara mengendarai motor. Tapi, saya kekurangan tenaga pada bahu dan lengan. Saya hanya latihan di gym selama dua pekan dan melakukan dua hari pengetesan dengan motor, dan selanjutnya langsung beralih ke motor MotoGP. Waktunya cukup padat dan jalan yang harus saya lalui masih panjang. Tapi, saya merasa baik," ujar Marquez, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (6/9/2022).

Marquez menambahkan, awalnya dia tidak bisa menikmati jalannya sesi tes. Sebab, motor MotoGP terlalu kencang. Tapi, tak lama kemudian dia mulai sedikit menikmatinya.

Baca juga: Marquez Bersaudara Resmi Tunjuk Jaime Martinez Sebagai Manajer Baru

"Catatan waktu juga tidak begitu buruk, tapi bukan itu hal yang penting. Hal yang paling penting adalah badan dan lengan saya bisa menerima 40 lap dengan baik. Memang benar saya selalu tidak banyak melakukan putaran," kata Marquez.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback saat menjalani tes MotoGP Misano 2022 pada Selasa (6/9/2022).AFP/FILIPPO MONTEFORTE Pebalap Repsol Honda Marc Marquez saat melakukan sesi latihan bebas kedua MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Jumat (27/5/2022). Marquez kini comeback saat menjalani tes MotoGP Misano 2022 pada Selasa (6/9/2022).

Menurutnya, untuk bisa melibas banyak lap sekaligus masih panjang pekerjaan yang harus dilakukan. Marquez sesekali memegang bahu dan lengannya karena dia rasa ototnya sudah bekera dengan cara yang berbeda selama satu setengah tahun.

"Sekarang, otot sudah bekerja dengan benar lagi, tapi belum siap untuk semua torsi dan tenaga dari motor MotoGP," ujarnya.

Marquez menjelaskan alasan mengapa tidak tuntas menjalani sesi tes pada hari pertama. Sebab, memang itu rencananya sejak awal. Dia tidak memforsir tenaganya agar bisa lanjut menjalani sesi tes hari kedua.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.