Kompas.com - 07/08/2022, 14:01 WIB
|

KLATEN, KOMPAS.com - Sistem AC pada mobil terdiri dari banyak komponen yang saling berkaitan. Jika salah satu komponen bermasalah maka dapat mempengaruhi kinerja komponen lainnya. Akhirnya performa AC kurang optimal.

Salah satu komponen yang penting yaitu drier. Part ini perlu diganti secara berkala karena sering pampat. Biasanya part ini berdampingan dengan kondensor, berada di sisi depan kendaraan dekat dengan radiator.

Lantas apa fungsi drier ini?

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Penggantian Oli Kompresor AC Mobil?

Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerjaErwin Setiawan Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja

Mekanik Senior Sinar AC Andi, mengatakan drier berperan menyaring kotoran dari sisa kikisan komponen di dalam sistem AC yang terbawa freon di dalam saluran AC

“Di dalam saluran AC cenderung terdapat kotoran dari kikisan setiap saluran AC, piston kompresor juga bisa menghasilkan kotoran karena komponen tersebut selalu bergesekan, maka dari itu dipasang drier sebagai penyaring,” ucap Andi kepada Kompas.com, Sabtu (6/8/2022).

Dia mengatakan drier akan memastikan kotoran dapat terkumpul di satu titik, sehingga tidak menyumbat ke saluran lain dan mengganggu kinerja freon.

Baca juga: Pentingnya Proses Vacuum saat Isi Freon AC Mobil

Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Astra Daihatsu Majapahit Semarang sedang melakukan SOP perawatan AC.

“Jika tidak dipasang drier, maka kotoran bisa menyebar ke dalam katup ekspansi, dan itu bakal cepat sekali pampat karena katup tersebut lubangnya kecil,” ucap Andi.

Dia mengatakan dengan adanya drier maka peluang terjadinya pampat semakin kecil karena kotoran disaring di dalam drier. Sehingga, part ini perlu diganti secara rutin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.