Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Ini Fungsi RPS pada Sistem AC Mobil

Kompas.com - 06/08/2022, 11:02 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil tua bangka (motuba) kerap mengalami masalah pada sistem AC. Hal itu membuat AC tidak dingin, sehingga membuat tidak nyaman saat berkendara.

Nah, salah satu komponen yang sering terjadi adalah rusaknya sensor-sensor pada sistem AC, salah satunya adalah sensor tekanan freon atau biasa disebut refrigerant pressure sensor (RPS).

Banyak mobil tua tidak lagi menggunakan RPS karena part tersebut susah untuk ditemukan di pasaran untuk mobil-mobil tua tertentu. Akhirnya RPS dinonaktifkan permanen.

Baca juga: Apakah Aman Mengisi Freon AC Mobil Sendiri dari Rumah?

RPS pada motuba Erwin Setiawan RPS pada motuba

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan RPS bertugas membaca tekanan freon di sistem AC, jika tekanan freon kurang maka secara otomatis kompresor akan dihentikan operasinya.

“RPS bisa dikatakan sebagai pengaman, jadi kompresor tidak akan bekerja ketika tekanan freon kurang, nah begitu tekanan freon terbaca, maka kompresor akan bekerja, dia bekerja sama dengan sensor-sensor yang lain,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022).

Dia mengatakan banyak motuba sudah menghilangkan beberapa sensor, sehingga kadang AC bekerja kurang optimal. Padahal setiap sensor memiliki fungsi masing-masing yang sama pentingnya.

Baca juga: Apa Itu Sistem Antibeku pada AC Mobil?

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

“Bahkan pada mobil-mobil modern, RPS juga dapat memutuskan kerja kompresor ketika tekanan freon terlalu tinggi,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan untuk mobil-mobil modern, RPS banyak dijual dipasaran. Harganya juga tidak mahal, sehigga kalau sampai RPS rusak maka solusinya tinggal ganti agar kerja sistem AC tetap optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com