Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Proses Vacuum saat Isi Freon AC Mobil

Kompas.com - 06/08/2022, 12:42 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengisi freon Air Conditioner (AC) mobil dari rumah memang terkesan lebih murah. Terlebih caranya juga mudah karena bisa didapat dari internet.

Begitu juga paket peralatannya yang dijual bebas via toko daring. Mulai dari freon kalengan, selang, dan juga naple-nya.

Namun mengisi freon dari rumah, secara proses tidak lengkap karena tanpa melakukan vacuum lebih dulu. Padahal telah menjadi prosedur standar di berbagai bengkel AC.

Baca juga: Ketahui Ini Fungsi RPS pada Sistem AC Mobil

Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerjaErwin Setiawan Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, jika tidak dilakukan proses vacuum, udara atau uap air akan terjebak di dalam saluran yang membuat kerja AC tidak optimal.

“AC bisa tidak dingin tiba-tiba, kemudian normal lagi, sebab untuk mengubah air menjadi uap butuh tekanan yang lebih besar dari cairan freon, jadi hal itu mengganggu sirkulasi freon,” ucap Ibrohim, kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022).

Ibrohim mengatakan, biasanya uap air dan udara palsu akan terjebak di katup ekspansi dan evaporator. Keduanya bisa keluar jika proses pengisian freon diulang dengan benar, yaitu menyertakan proses vacuum.

Baca juga: Apakah Aman Mengisi Freon AC Mobil Sendiri dari Rumah?

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Vacuum juga digunakan sebagai langkah mengecek kebocoran pada saluran AC, jika tidak berkurang dalam beberapa menit, bisa dipastikan saluran freon aman,” ucap Ibrohim.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com