Kompas.com - 07/08/2022, 11:41 WIB
|

KLATEN, KOMPAS.com - Kondisi AC mobil perlu dipastikan selalu prima agar selama berkendara merasa nyaman. Cara memastikan kondisi AC mobil bagus atau tidak bisa dirasakan embusan angin dari ventilasi AC.

Jika udara yang berembus kurang dingin, maka perlu melakukan pemeriksaan ke bengkel yang kompeten dalam bidang AC mobil.

Bahkan sebenarnya tidak perlu menunggu sampai AC bermasalah, perawatan sebaiknya dilakukan secara teratur setelah kendaraan menempuh jarak tertentu.

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Penggantian Oli Kompresor AC Mobil?

Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC. Dicky Aditya Wijaya Pembongkaran dashboard Kijang Innova untuk servis perawatan AC.

Mekanik Senior Sinar AC Andi, mengatakan sebaiknya setiap 25.000 Km untuk mobil tua dan 50.000 Km untuk mobill baru dilakukan perawatan sekaligus melakukan penggantian drier.

“Penting memastikan aliran freon tidak ada yang tersumbat, itu dilakukan saat melakukan perawatan AC, biasanya drier yang menyebabkan aliran freon tersumbat sebelum menuju ke katup ekspansi, maka dari itu perlu diganti setiap 25.000 Km atau 50.000 Km untuk mobil baru” ucap Andi kepada Kompas.com, Sabtu (6/8/2022).

Dia mengatakan drier sering tersumbat bila lama tidak diganti, padahal seharusnya aliran freon lancar sehingga tidak terjadi tekanan berlebih khususnya pada mobil-mobil tua.

Baca juga: Pentingnya Proses Vacuum saat Isi Freon AC Mobil

Ilustrasi AC MobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC Mobil

“Jika tekanan freon terlalu tinggi bisa menyebabkan komponen-komponen AC mobil tua jebol, seperti evaporator dan kondensor yang rawan keropos,” ucap Andi.

Dia mengatakan lebih baik mengganti drier secara rutin daripada mengganti komponen lain yang tentu saja lebih mahal harganya. Dia juga menjelaskan drier ada yang bagus dan kurang bagus, yang bagus terbuat dari aluminum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.