Pentingnya Proses Vacuum saat Isi Freon AC Mobil

Kompas.com - 06/08/2022, 12:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengisi freon Air Conditioner (AC) mobil dari rumah memang terkesan lebih murah. Terlebih caranya juga mudah karena bisa didapat dari internet.

Begitu juga paket peralatannya yang dijual bebas via toko daring. Mulai dari freon kalengan, selang, dan juga naple-nya.

Namun mengisi freon dari rumah, secara proses tidak lengkap karena tanpa melakukan vacuum lebih dulu. Padahal telah menjadi prosedur standar di berbagai bengkel AC.

Baca juga: Ketahui Ini Fungsi RPS pada Sistem AC Mobil

Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerjaErwin Setiawan Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim mengatakan, jika tidak dilakukan proses vacuum, udara atau uap air akan terjebak di dalam saluran yang membuat kerja AC tidak optimal.

“AC bisa tidak dingin tiba-tiba, kemudian normal lagi, sebab untuk mengubah air menjadi uap butuh tekanan yang lebih besar dari cairan freon, jadi hal itu mengganggu sirkulasi freon,” ucap Ibrohim, kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022).

Ibrohim mengatakan, biasanya uap air dan udara palsu akan terjebak di katup ekspansi dan evaporator. Keduanya bisa keluar jika proses pengisian freon diulang dengan benar, yaitu menyertakan proses vacuum.

Baca juga: Apakah Aman Mengisi Freon AC Mobil Sendiri dari Rumah?

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Vacuum juga digunakan sebagai langkah mengecek kebocoran pada saluran AC, jika tidak berkurang dalam beberapa menit, bisa dipastikan saluran freon aman,” ucap Ibrohim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.