Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Fungsi Drier pada AC Mobil

KLATEN, KOMPAS.com - Sistem AC pada mobil terdiri dari banyak komponen yang saling berkaitan. Jika salah satu komponen bermasalah maka dapat mempengaruhi kinerja komponen lainnya. Akhirnya performa AC kurang optimal.

Salah satu komponen yang penting yaitu drier. Part ini perlu diganti secara berkala karena sering pampat. Biasanya part ini berdampingan dengan kondensor, berada di sisi depan kendaraan dekat dengan radiator.

Lantas apa fungsi drier ini?

Mekanik Senior Sinar AC Andi, mengatakan drier berperan menyaring kotoran dari sisa kikisan komponen di dalam sistem AC yang terbawa freon di dalam saluran AC

“Di dalam saluran AC cenderung terdapat kotoran dari kikisan setiap saluran AC, piston kompresor juga bisa menghasilkan kotoran karena komponen tersebut selalu bergesekan, maka dari itu dipasang drier sebagai penyaring,” ucap Andi kepada Kompas.com, Sabtu (6/8/2022).

Dia mengatakan drier akan memastikan kotoran dapat terkumpul di satu titik, sehingga tidak menyumbat ke saluran lain dan mengganggu kinerja freon.

“Jika tidak dipasang drier, maka kotoran bisa menyebar ke dalam katup ekspansi, dan itu bakal cepat sekali pampat karena katup tersebut lubangnya kecil,” ucap Andi.

Dia mengatakan dengan adanya drier maka peluang terjadinya pampat semakin kecil karena kotoran disaring di dalam drier. Sehingga, part ini perlu diganti secara rutin.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/07/140100615/mengenal-fungsi-drier-pada-ac-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke