Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Ideal Penggantian Oli Kompresor AC Mobil?

Kompas.com - 06/08/2022, 17:42 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Perawatan AC mobil perlu dilakukan secara teratur guna memperpanjang usia AC dan menjaga performanya.

Salah satunya adalah melakukan penggantian oli kompresor. Yaitu cairan pelumas di dalam sistem AC yang dicampur bersama dengan freon sebagai pelumas dan perapat saluran sistem AC.

Nah, kapan waktu ideal melakukan penggantian oli kompresor?

Baca juga: Pentingnya Proses Vacuum saat Isi Freon AC Mobil

Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.DOK Otomotif/Otomotifnet.com Ilustrasi mekanisme atau cara kerja sistem AC pada mobil.

Pemilik John AC Johni mengatakan penggantian oli kompresor penting dilakukan secara teratur sebagai wujud perawatan.

“Mengganti oli kompresor itu penting, minimal diganti per 2.000 Km atau satu tahun, semakin sering AC mobil digunakan maka seharusnya semakin sering mengganti oli kompresor,” ucap Johni kepada Kompas.com, Jumat (5/8/2022).

Dia mengatakan bila oli kompresor tidak diganti maka bisa berakibat pada kerusakan komponen AC mobil. Bisa berupa rembesan, atau rusaknya komponen kompresor itu sendiri.

Baca juga: Ketahui Ini Fungsi RPS pada Sistem AC Mobil

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

“Bisa rontok (kompresor AC) kalau oli kompresor jarang diganti, lebih baik merawat daripada mengganti part-part yang sebenarnya bisa dijaga agar lebih awet,” ucap Johni.

Dia juga mengatakan penggantian oli kompresor tidak mahal, maka dari itu sebaiknya perlu dilakukan secara rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com