Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Aman Mengisi Freon AC Mobil Sendiri dari Rumah?

Kompas.com - 06/08/2022, 07:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengisi refrigerant atau kerap dikenal dengan freon untuk AC mobil di rumah terlihat cukup mudah dan lebih murah. Acuannya, kerap ditemukan artikel atau tayangan video tentang cara mengisi freon dari rumah di media sosial.

Begitu juga paket peralatan yang dibutuhkan, dijual bebas di toko daring.

Hanya saja, tidak ada yang berani menjamin hal tersebut benar-benar aman untuk dilakukan. Ujung-ujungnya jika terjadi masalah atau kesalahan dalam prosesnya, risiko ditanggung sendiri oleh pemilik kendaraan.

Sebenarnya, aman atau tidak sih mengisi freon untuk AC mobil sendiri di rumah?

Baca juga: Efek Terlalu Banyak Mengisi Freon pada AC Mobil

Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobilDicky Aditya Wijaya Mekanik bengkel resmi Nissan Setyabudi Semarang sedang melakukan perbaikan komponen AC mobil

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan pengisian freon dari rumah bisa saja dilakukan hanya saja tidak direkomendasikan karena berpeluang terjadi kesalahan dalam proses pengerjaan.

“Kalau tahu tekniknya bisa (isi freon sendiri), tapi tidak dianjurkan, sebab di dalam pipa-pipa AC ada uap air & udara walaupun sangat kecil, kalau di bengkel atau tukang AC yang profesional kan ada langkah pemvakuman,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Kamis (4/8/2022).

Dia mengatakan proses vakum tersebut bertujuan menghilangkan uap air di dalam pipa-pipa AC. Selain kitu proses vakum tersebut juga berfungsi membuat ruang pipa menjadi vakum, bisa untuk proses pengecekan kebocoran.

Baca juga: Apakah Freon AC Mobil Perlu Diganti secara Berkala?

Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerjaErwin Setiawan Tekanan AC mobil yang ideal ketika bekerja

“Jika saluran AC vakum, dipastikan hanya freon yang menempati ruang tersebut saat melakukan pengisian freon, tidak ada udara palsu maupun uap air,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan jika proses vakum ini tidak dilakukan maka berpeluang terjadinya ada udara palsu dan uap air saat melakukan pengisian freon sendiri dari rumah. Walau pun teknik untuk mengakali proses vakum itu ada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com