Korelasi Filter Udara Kotor yang Bikin Mobil Boros BBM

Kompas.com - 04/08/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Filter udara pada mobil berguna untuk menyaring kotoran dan debu sebelum masuk ke ruang bakar. 

Penyaringan dilakukan untuk memastikan udara yang masuk benar-benar bersih sehingga proses pembakaran berjalan optimal.

Namun seiring pemakaian, filter bisa kotor karena banyaknya tumpukan debu. Bahkan dalam beberapa kasus sampai tak lagi layak digunakan. 

Bila menemui filter udara sudah dalam kondisi tersebut, baiknya pemilik mobil langsung mengambil tindakan, bisa dengan membersihkan atau sekaligus mengganti yang baru.

Baca juga: Menu SUV Murah Agustus 2022, Harga Rocky dan Creta Naik

Pasalnya, membiarkan filter udara dalam kondisi kotor, bisa memberikan beberapa kerugian bagi pemilik mobil. Paling utama tenaga mesin yang berat dan borosnya bahan bakar.

Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, dengan celah masuk udara yang sedikit berimbas pada turunnya performa mesin dan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros

Boks filter udara Toyota AvanzaDok. YouTube Andiazuno Boks filter udara Toyota Avanza

Setelan ECU akan menyesuaikan campuran bahan bakar dan udara. Lebih sedikit udara masuk, data informasi ECU memerintahkan agar suplai bahan bakar semakin banyak. 

"Idealnya, kalau filter bersih campuran bahan bakar dan udara yang terbaca ECU akan seimbang," ujar Bambang kepada Kompas.com, Rabu (3/8/2022).

"Kalau gas diinjak mendadak atau kickdown, suplai bahan bakar yang masuk seimbang dengan aliran BBM ke injektor. Namun dengan filter udara yang kotor, mesin membutuhkan tenaga tambahan agar bisa menghisap udara masuk ke ruang bakar," katanya.

Bambang menyarankan sebaiknya pemilik mobil melakukan pergantian filter udara tiap 40.000 kilometer (km). Minimal membersihkan menggunakan kompresor secara rutin sesuai jadwal ganti oli. 

Baca juga: Kapan Waktu Ideal Kuras Tangki BBM Mobil?

Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi SuzukiDok. SIS Ilustrasi servis mobil di bengkel resmi Suzuki

Terpisah, Kempes Pemilik Bengkel Mobil Anugrah Abadi mengatakan, filter udara yang bersih membuat tarikan mobil lebih responsif dan tak ada kotoran terhisap ke ruang bakar. 

Sementara itu, bila serat filter udara penuh tumpukan kotoran debu dan lainnya, akan menghalangi aliran udara ke mesin. 

"Diperlukan penyemprotan berkala filter udara untuk mengeluarkan partikel debu terkecil yang masih terperangkap pada kisi-kisi filter udara," kat Kempes. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.