Uji Performa Isuzu Traga Pikap dari Bogor-Bandung

Kompas.com - 07/07/2022, 15:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah membuktikan keluasan volume kargo Isuzu Traga pikap, proses ujicoba kali ini juga sekaligus ingin mengetahui seberapa bertenaga pikap andalan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) ini.

Proses pengujiannya dilakukan dengan rute Bogor-Bandung-Bogor. Perjalanan berangkat dari Bogor mengambil rute jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, Cianjur, dan Padalarang. 

Merujuk pada data spesifikasi di atas kertas, Traga dibekali teknologi mesin Common Rail 4 silinder, 4JA1-CR yang dilengkapi VGT Turbo Intercooler, Exhaust Gas Recirculation (EGR) dan Diesel Oxidation Catalyst (DOC). Berkat mesin tersebut diklaim mampu menghasilkan emisi gas buang berstandar Euro4.

Baca juga: Tes Volume Kargo Isuzu Traga Pikap

Isuzu Traga hadir dengan kapasitas 2,500 cc yang mampu menghasilkan tenaga 80 PS dan torsi 19.5 kg.m pada 1,800 – 2,400 rpm, serta mesin injeksi berstandar Common Rail.

Terbukti ketika di jalur puncak dengan beban di kargonya membawa 13 unit sepeda, tenaganya masih terasa dari putaran bawah sampai ke atas. Hanya saja sedikit melintasi tanjakan yang terlalu ekstrim, ada raungan mesin yang begitu besar.

Kegiatan pengujian ini sekaligus mengikuti rangkaian bersepeda dari komunitas Tiba Tiba Suddenly Gowes (TTSG) yang gowes dari Bogor menuju ke Bandung, Jawa Barat, via jalur Puncak, kurang lebih jarak tempuh sekitar 130 km. 

Kabin

Isuzu Traga Loading Sepedadok. Tiba Tiba Suddenly Gowes Isuzu Traga Loading Sepeda

Bukan hanya mesin yang bertenaga, jelas desain kabin juga membuat pengemudi menjadi lebih nyaman.

Bagian joknya yang di desain dengan nyaman dan dibalut dengan material vinyl untuk perjalanan jauh maupun dekat, meskipun pengaturan joknya hanya bisa maju dan mundur.

Isuzu Traga Loading Sepedadok. Tiba Tiba Suddenly Gowes Isuzu Traga Loading Sepeda

Tapi sayangnya isuzu belum menempatkan power window pada pikap ini. Sehingga pengendara harus membuka kaca secara manual.

Selama di perjalanan pengendara juga bisa menikmati fasilitas hiburan yang tersedia, yaitu Head Unit buatan Pioneer yang mendukung USB, AUX, MP3, Radio, dan CD.

Kesimpulannya untuk performa tidak bisa diragukan lagi, karena mesin dieselnya bertenaga dan juga hemat bahan bakar. 

Pengisian bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dari Bogor diisi Rp 200.000 bisa untuk pulang pergi (Bogor Bandung via Puncak), berkeliling kota Bandung, hingga ke daerah Parompong, dan pulang ke Bogor via jalan tol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.