Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rapor Penjualan Isuzu Sepanjang 2021, Traga Jadi yang Terlaris

Kompas.com - 02/02/2022, 13:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) berhasil menorehkan penjualan yang lebih tinggi di sepanjang 2021 dibandingkan tahun sebelumnya. Capaian ini bisa jadi modal Isuzu Astra dalam memasarkan berbagai kendaraan di 2022 ini.

Jap Ernando Demily, President Director PT IAMI, menyebutkan bahwa 2021 jadi tahun yang penuh dinamika baik dari aspek kesehatan maupun perekonomian, terlebih terkait pandemi Covid-19.

Dari aspek perekonomian, industri otomotif turut dibayangi potensi efek taper tantrum dan isu rantai suplai skala global. Namun terdapat indikasi positif seperti peningkatan harga batubara acuan 2021 dan daya beli masyarakat di tahun yang sama.

Baca juga: PT AMMAN Tambah Lagi Enam Unit Bus Karyawan dari Adiputro

Isuzu Giga FRRIsuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Isuzu Giga FRR

“Seluruh faktor tersebut, dapat dikelola dengan baik oleh kami, IAMI, selaku manufaktur dan distributor merk Isuzu di Indonesia. Sehingga kami dapat menangkap peluang dan mencatat performa yang bagus di 2021, bertumbuh jauh lebih baik dibandingkan di tahun 2020 lalu,” ucap Ernando dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/2/2022).

Menilik data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Isuzu Astra berhasil membukukan penjualan retail sebanyak 27.278 unit kendaraan di 2021, berkontribusi 24,3 persen pada total penjualan kendaraan komersial nasional.

Lebih rinci, Isuzu Traga terjual sebanyak 12.022 unit, meningkat jauh dari tahun sebelumnya yang cuma 6.660 unit. Lantas Isuzu Elf menyumbang angka penjualan 12.723 unit, tahun sebelumnya hanya 8.596 unit. Dan Isuzu Giga terjual 2.181 unit di mana pada 2020 hanya sebanyak 1.292 unit.

Baca juga: Perbaikan Selesai, Sirkuit Mandalika Bebas Genangan Air

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mendatangi booth Isuzu Astra Motor di GIIAS 2021DOK. IAMI Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mendatangi booth Isuzu Astra Motor di GIIAS 2021

Raihan ekspor Isuzu Astra juga bisa dikatakan meningkat. Ketika di 2020 pabrikan ini hanya bisa mengekspor 3.554 unit kendaraan, pada 2021 sukses mengirimkan 5.005 unit ke sejumlah negara seperti Filippina, Laos, Myanmar, hingga negara-negara di Amerika Latin.

Ernando menuturkan, capaian positif di 2021 juga dipengaruhi oleh adanya produk baru. Sebab pada agenda pameran otomotif GIIAS 2021, diluncurkan All New Isuzu Mu-X 4x4 dan Isuzu D-Max. Keduanya hadir dengan pembaruan baik dari sisi desain eksterior, interior, sampai teknologi yang disematkan.

“Dengan fitur safety dan engine baru 1.900 cc, kami harapkan produk baru ini mampu memberikan kinerja yang lebih optimal bagi Isuzu Partner, utamanya yang berada pada segmen tambang, perkebunan, migas, serta perusahaan rental,” ungkap Ernando.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com