Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Isuzu Elf NRL Jadi Charging Station Berjalan

Kompas.com - 24/07/2024, 13:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Mendukung program pemerintah dalam mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) juga menampilkan inovasi Elf Mobile EV Charger Concept Astra Otopower dalam ajang GIIAS 2024.

Kehadiran Isuzu Elf Mobile EV Charger Concept yang merupakan hasil kolaborasi dengan Astra Otopower, mengambil peranan penting dari ekosistem kendaraan listrik yang diposisikan sebagai charging station berjalan dan diharapkan menjadi solusi bagi pemilik kendaraan listrik menghadapi range anxiety.

Unit ini nantinya bisa dijadikan sebagai charging station di lokasi-lokasi yang belum terjangkau fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Temporary Venue, atau Emergency Roadside Assistance (ERA), sehingga mempermudah konsumen mobil listrik untuk mengisi daya.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Umumkan Harga Truk Listrik di GIIAS 2024

President Director PT IAMI Yusak Kristian mengatakan, pihaknya mendukung program pemerintah dengan berbagai inovasi di bidan mobilitas. Hal ini pun menjadi bukti komitmen Isuzu yang selama 50 tahun selalu menemani dan memberikan solusi.

 Isuzu Elf Mobile EV Charger Concept GIIAS 2024IAMI Isuzu Elf Mobile EV Charger Concept GIIAS 2024

"Kali ini, kami bersama Astra Otoparts yang merupakan bagian dari Astra Group dan karoseri Delima Mandiri menghadirkan inovasi Isuzu Elf Mobile EV Charger Concept Astra Otopower yang siap mendukung mobilitas kendaraan listrik di Tanah Air," ujar Yusak dalam keterangan resminya, Rabu (24/7/2024).

Elf Mobile EV Charger Concept Astra Otopower menggunakan basis Isuzu Elf NLR yang fungsional. Memiliki dimensi sasis dengan panjang 4.700 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 2.205 mm, jarak sumbu roda 2.490 mm, dan membawa beban hingga 3.260 kg, membuat unit ini dapat diaplikasi untuk berbagai kebutuhan.

Untuk fasilitas charger yang digunakan merupakan milik Astra Otoparts, sebagai penyedia mesin pengisian daya kendaraan listrik yang memiliki daya 150KW dan bisa digunakan untuk mengisi beraneka kendaraan listrik dengan arus DC.

Baca juga: Deretan Bus Suites di GIIAS 2024, Setiap Karoseri Punya Produk Unik

Direktur Astra Otoparts Martogi Siahaan menjelaskan, keberadaan dan operasional Isuzu Elf Mobile EV Charger Concept Astra Otopower nantinya akan menyesuaikan dengan jumlah serta keberadaan kendaraan listrik untuk menjadi solusi pasokan daya listrik ketika dalam kondisi darurat.

 Isuzu Elf Mobile EV Charger Concept GIIAS 2024IAMI Isuzu Elf Mobile EV Charger Concept GIIAS 2024

"Isuzu ELF Mobile EV Charger Concept Astra Otopower akan dioperasikan untuk membantu ekosistem kendaraan listrik ke depannya, khususnya ketika para pemilik EV menghadapi situasi urgent pada kapasitas baterai mobilnya," ucap Martogi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau