Begini Cara Atur Posisi Duduk yang Benar saat Mengemudikan Mobil

Kompas.com - 07/07/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan mengemudikan mobil, penting bagi pengemudi untuk mengatur posisi duduk terlebih dahulu. 

Tidak hanya mementingkan faktor kenyamanan, pengemudi juga harus tahu posisi duduk yang aman. Ini dilakukan supaya tidak mengganggu perjalanan, sehingga pengemudi bisa berkendara secara maksimal.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa duduk nyaman bukan posisi yang tepat, namun sikap duduk yang sempurna. Ada standar 3C yang harus dipenuhi saat mengatur tempat duduk untuk pengemudi.

Baca juga: Mengenal Tiga Macam Prinsip Mengemudi

"Duduk yang sempurna itu adalah yang memenuhi standar 3C. Yakni comfort, control dan communication," ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pertama, comfort berarti kenyamanan duduk pengemudi, di mana pengemudi dapat mengemudikan mobil maksimal hingga 3 jam.

Kedua, communication berarti pengemudi mampu berbicara atau berkomunikasi dengan berbagai objek di kabin mobil maupun di luar kabin mobil.

Posisi berkendara Hyundai CretaKompas.com/Donny Posisi berkendara Hyundai Creta

Baca juga: Catat, Begini Syarat Balik Nama Kendaraan Bermotor

Ketiga, control. Ini merupakan bagaimana pengemudi dapat menggapai kemudi dengan momen yang baik dan posisi kaki pengemudi yang dapat menjangkau pedal operasional mobil.

Jika tidak menerapkan standar 3C ini, ada dampak negatif yang mengintai pengemudi, membuatnya tidak sensitif terhadap kemungkinan kecelakaan, atau justru menyebabkan kecelakaan yang fatal.

"Pengemudi tidak bisa antisipasi ketika ada kondisi yang harus dihindari. Atau saat melakukan manuver yang ekstrem sering kali pengemudi tidak siap," ucap Sony.

Baca juga: Pindah ke LCR Honda, Alex Rins Ingin Bawa Kru dari Suzuki

Sementara itu, Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, ada berbagai penyakit yang bisa timbul jika pengemudi salah posisi duduk saat sedang mengemudi, khususnya orangyang pekerjaannya mengemudi dengan durasi waktu yang bisa sampai delapan jam mengemudi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.