Catat, Begini Syarat Balik Nama Kendaraan Bermotor

Kompas.com - 06/07/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang baru membeli kendaraan bekas, disarankan untuk segera melakukan proses balik nama.

Hal ini untuk memudahkan dalam melakukan pembayaran pajak baik tahunan maupun lima tahunan. Pasalnya, saat membayar pajak kendaraan tersebut dibutuhkan KTP (Kartu Tanda Penduduk) asli pemilik kendaraan terkait.

Terlebih lagi jika ternyata status Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sudah diblokir terlebih dahulu oleh pemilik lama kendaraan tersebut. Maka mau tidak mau pemilik yang baru wajib melakukan proses balik nama.

Baca juga: Saat Terjadi Kecelakaan, Pengemudi Bertanggung Jawab Atas Keselamatan Penumpang

Dalam melakukan proses balik nama, ada beberapa tahap yang harus dilalui. Pertama adalah balik nama untuk STNK. Setelah itu dapat dilanjutkan dengan balik nama Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Antrean pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Jalan Kertoarjo Surabaya, Selasa (30/10/2018). KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Antrean pembayaran pajak kendaraan bermotor di kantor Samsat Jalan Kertoarjo Surabaya, Selasa (30/10/2018).

Lebih rinci berikut dokumen-dokumen yang harus disiapkan sebagai syarat balik nama untuk STNK.

-STNK asli dan fotokopi
-KTP pemilik baru asli dan fotokopi
-BPKB asli dan fotokopi
-Kwitansi pembelian dengan materai Rp 10.000
-Faktur asli dan fotokopi

Baca juga: Mengenal Tiga Macam Prinsip Mengemudi

Kemudian, setelah mendapatkan STNK dengan nama pemilik baru kendaraan terkait, dapat melanjutkan dengan proses balik nama BPKB.

Berikut dokumen-dokumen yang harus disiapkan.
-Fotokopi STNK dengan nama pemilik yang baru
-Fotokopi KTP
-Fotokopi BPKB asli
-Fotokopi bukti pembelian atau kwitansi
-Fotokopi hasil pengesahan cek fisik kendaraan terkait

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.