Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Cara Atur Posisi Duduk yang Benar saat Mengemudikan Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan mengemudikan mobil, penting bagi pengemudi untuk mengatur posisi duduk terlebih dahulu. 

Tidak hanya mementingkan faktor kenyamanan, pengemudi juga harus tahu posisi duduk yang aman. Ini dilakukan supaya tidak mengganggu perjalanan, sehingga pengemudi bisa berkendara secara maksimal.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa duduk nyaman bukan posisi yang tepat, namun sikap duduk yang sempurna. Ada standar 3C yang harus dipenuhi saat mengatur tempat duduk untuk pengemudi.

"Duduk yang sempurna itu adalah yang memenuhi standar 3C. Yakni comfort, control dan communication," ucap Sony kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pertama, comfort berarti kenyamanan duduk pengemudi, di mana pengemudi dapat mengemudikan mobil maksimal hingga 3 jam.

Kedua, communication berarti pengemudi mampu berbicara atau berkomunikasi dengan berbagai objek di kabin mobil maupun di luar kabin mobil.

Ketiga, control. Ini merupakan bagaimana pengemudi dapat menggapai kemudi dengan momen yang baik dan posisi kaki pengemudi yang dapat menjangkau pedal operasional mobil.

Jika tidak menerapkan standar 3C ini, ada dampak negatif yang mengintai pengemudi, membuatnya tidak sensitif terhadap kemungkinan kecelakaan, atau justru menyebabkan kecelakaan yang fatal.

"Pengemudi tidak bisa antisipasi ketika ada kondisi yang harus dihindari. Atau saat melakukan manuver yang ekstrem sering kali pengemudi tidak siap," ucap Sony.

Sementara itu, Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan, ada berbagai penyakit yang bisa timbul jika pengemudi salah posisi duduk saat sedang mengemudi, khususnya orangyang pekerjaannya mengemudi dengan durasi waktu yang bisa sampai delapan jam mengemudi.

"Pertama yang kita atur adalah dudukan, jok dudukan ini kita atur maju mundurnya. Pastikan kaki kiri kita dapat menginjak kopling dengan baik untuk mobil manual," ucap Marcell.

Kemudian, Marcell mengatakan bahwa untuk mobil manual, jarak sebaiknya tidak terlalu jauh atau dekat, agar kaki tetap dapat bergerak dengan optimal dan aman saat akan menginjak pedal kopling.

"Jadi pastikan paha itu menempel di dudukan dan yang bergerak itu hanya dari pergelangan kaki saja, usahakan tumit menempel di lantai," ucap Marcell.

Terakhir, Marcell menjelaskan pentingnya pengaturan headreat untuk menlindungi tulang leher jika terjadi tabrakan dari belakang mobil.

"Pada saat mengatur headrest, pastikan bagian tengah headrest sejajar dengan ujung atas telinga kita, jangan pernah menaruh headrest di leher atau bahkan tidak dipasang, bisa membahayakan," ucap Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/07/104200415/begini-cara-atur-posisi-duduk-yang-benar-saat-mengemudikan-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke