Cara Mudah Merawat Jok Kulit Mobil di Rumah

Kompas.com - 07/07/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat interior mobil mulai dari dasbor, karpet, door trim, hingga jok sama pentingnya seperti bagian lain dalam upaya menjaga kenyamanan saat berkendara.

Namun, masih terdapat beberapa bagian yang kerap untuk dilupakan padahal fungsinya tidak kalah krusial seperti jok, khususnya yang berbahan kulit.

Padahal sebagaimana dikatakan oleh Owner Emirate Car Interior, Ahmad, hal tersebut tidaklah sulit. Hanya saja pemilik harus mengetahui jenis kulit apa yang digunakan, apakah asli atau sintesis.

Baca juga: Cara Membedakan Jok Kulit Asli dengan Sintesis

Ilustrasi jok mobil.Peugeot Ilustrasi jok mobil.

“Terlepas dari itu, jok mobil yang berbahan kulit asli maupun sintetis itu akan cepat lusuh apabila kita tidak merawatnya dengan baik, dan akan mengurangi tampilan dari interior mobil,” kata dia dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Rabu (6/7/2022).

Lebih jauh, membersihkan jok kulit asli dan sintetis juga untuk mencegah jamur menempel di jok dan mencegah adanya goresan tipis di jok mobil yang akan menimbulkan abrasi.

Menurut Ahmad, langkah pertama yang harus dilakukan untuk merawat jok kulit mobil ialah dengan cara dibersihkan menggunakan pengki dan sikat yang berbulu lembut.

“Tapi harus berhati-hati pada jok kulit jangan sampai menggores kulit dengan sengaja. Menyapu jok mobil kulit akan menghilangkan debu dan kotoran yang menumpuk serta di sela sempit," ujarnya.

Baca juga: Pelaku Usaha Bengkel UMKM Tolak Pembatasan Pertalite dan Solar

Ilustrasi jok sintetisStanly/Otomania Ilustrasi jok sintetis

Apabila tidak ada, bisa pilih spons atau sokat gigi berbulu halus yang dipadukan dengan cairan pembersih khusus. Gosok secara perlahan dan lap kembali menggunakan kain microfiber bersih.

Setelah itu, gunakan pembersih khusus jok mobil yang tidak memiliki bahan kimia kuat. Sebab bila terlalu kuat, bisa berdampak buruk bagi kondisi jok, bahkan dapat membuat warnanya memudar.

"Untuk aplikasinya dapat menggunakan kain microfiber bersih yang dicampurkan dengan sedikit pembersih jok kulit dan gosok permukaan dengan lembut dengan hati hati,” kata Ahmad.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.