Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Bersihkan Rem Menggunakan Brake Cleaner secara Rutin

Kompas.com - 24/07/2024, 11:35 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Servis rem secara berkala merupakan salah satu perawatan mobil agar tetap aman saat dioperasikan. Seperti yang diketahui, rem memegang peran penting sebagai fitur keselamatan berkendara.

Sudah semestinya mobil tidak hanya perlu memperhatikan performa mesin tapi rem juga wajib dalam kondisi terbaiknya agar dapat mengurangi kecepatan laju mobil dengan akurat.

Salah satu risiko mobil jarang melakukan servis rem adalah rem blong. Maka dari itu perawatan ini wajib dilakukan secara rutin.

Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota-Mitsubishi, Garasi Auto Service Sukoharjo mengatakan untuk mencegah terjadinya rem blong, kendaraan perlu melakukan perawatan rem secara berkala.

Baca juga: Alami Rem Blong, Paling Aman Loncat dari Motor


“Servis rem secara rutin tiap 10.000 Km atau 6 bulan meliputi pemeriksaan ketebalan kampas rem, pembersihan, pelumasan, dan kinerja kaliper rem, sehingga pengereman bekerja secara optimal,” ucap Muchlis kepada Kompas.com, belum lama ini.

Tomy Tambrani, Brand Marketing Manager Rexco Indonesia mengatakan dibutuhkan cairan pembersih yang berfungsi untuk mengangkat kotoran pada sistem pengereman motor dan mobil, mur, baut dan spare part mesin.

“Rexco 82 Brake Cleaner memiliki keunggulan seperti bisa membersihkan secara cepat pada spare part, membersihkan secara efektif tanpa pembakaran, meningkatkan kinerja masa pakai dan aman untuk digunakan pada komponen rem,” ucap Tomy.

Baca juga: Benarkah Usia Kampas Rem Mobil Matik Lebih Singkat?

Pengecekan rem mobilHyundai Gowa Pengecekan rem mobil

Tomy mengatakan Rexco 82 Brake Cleaner mampu membersihkan rem dengan cepat dan efektif tanpa meninggalkan residu. Hal ini penting untuk memastikan bahwa sistem rem bebas dari partikel-partikel yang dapat mengganggu kinerja rem dan memperpanjang umur komponen rem.

“Cairan ini efektif dalam menghilangkan minyak, gemuk (grease), dan cairan lain yang dapat terbawa ke permukaan piringan rem atau blok rem. Hal ini membantu mencegah slip atau pengereman tidak efektif karena kontaminasi,” ucap Tomy.

Tomy mengatakan dengan memastikan bahwa komponen rem bersih dan bebas dari kotoran, produk ini dapat membantu meningkatkan performa pengereman. Ini penting untuk keamanan saat berkendara.

Baca juga: Rem Blong, Truk di Parung Panjang Seruduk Rumah Warga dan Tiang Listrik

Selain itu, menurut Timy penggunaan Rexco 82 secara teratur dapat membantu memperpanjang umur pakai komponen-komponen rem seperti piringan rem, blok rem, dan kaliper. Membersihkan dan menjaga komponen rem dalam kondisi baik dapat mencegah keausan yang tidak perlu.

“Penting untuk selalu mengikuti petunjuk penggunaan dan keamanan yang tertera pada kemasan untuk menghindari potensi kerusakan pada bagian plastik atau karet di sekitar sistem rem,” ucap Tomy.

Jadi, menurut Tomy cairan pembersih rem akan mempermudah proses pembersihan kontaminan pada komponen rem seperti debu, minyak dan gemuk sehingga pembersihan menjadi lebih optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau