Dua Gebrakan Merek Jepang yang Bikin Motor China Meredup di Indonesia

Kompas.com - 31/05/2022, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran motor-motor China pada era 2000-an menjadi angin segar buat beberapa masyarakat. Pilihan konsumen jadi banyak dan harganya lebih murah ketimbang merek Jepang.

Saat itu banyak merek China bisa dibilang meniru desain Jepang, favoritnya ialah produk bebek dari Honda dan Yamaha. Untuk Honda yang paling sering ditiru ialah Supra dan Astrea Grand, adapun Yamaha ialah Jupiter.

M Abidin, pendiri PT Global Part Sukses Mulia, mengatakan, serangan motor China alias mocin meredup pada 2009. Ada beberapa faktor yang membuatnya sulit bertahan di pasar Indonesia.

Baca juga: Mitsubishi Resmikan Diler ke-161 di Indramayu

Merek APPKTM memakai penyanyi dangdut Inul Daratista sebagai bintang iklan.
Foto: Sugiyanto Blog's Merek APPKTM memakai penyanyi dangdut Inul Daratista sebagai bintang iklan.

Faktor internal, kata Abidin, yaitu merek-merek mocin saat itu kurang memerhatikan jaringan purna jual dan teknisi yang teredukasi serta ketersediaan suku cadang.

"Kelemahan mocin awal-awal memang booming, tetapi keandalan produk dan lemahnyya penanganan masalah teknis (banyak toko yg tutup) membuat kerpercayaan konsumen memudar," kata dia kepada Kompas.com, Senin (30/5/2022).

Kemudian faktor lainnya ialah serangan balik dari produsen Jepang. Merek Jepang mulai menggugat desain yang ditiru, tapi sekaligus melakukan perubahan pada model dan teknologi.

Baca juga: Angkutan Barang Harus Pakai Stiker Pemantul Cahaya

"Pabrikan (Jepang) tentunya mulai mengklaim desain yang 100 persen ditiru, dan memberikan edukasi lewat dealer dan teknisi," kata Abidin.

Yamaha Nouvi generasi pertama yang meluncur di Indonesia.wikipedia Yamaha Nouvi generasi pertama yang meluncur di Indonesia.

Pria yang lama jadi petinggi di salah satu merek roda dua Jepang itu mengatakan, merek Jepang mulai beralih ke skuter otomatik alias skutik di mana merek China fokus di motor bebek.

Di Indonesia, tren skutik sendiri bisa disebut dipelopori oleh Yamaha. Kini terbukti skutik merupakan penguasa motor di Indonesia dengan pangsa pasar 87,3 persen.

"Di sisi lain pabrikan Jepang dipelopori Yamaha mulai beralih ke motor matik yaitu Nouvo pada 2002 dan Mio pada 2003," ungkap Abidin

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.