Mayoritas Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas karena Pengemudi Lelah

Kompas.com - 30/05/2022, 19:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kesehatan kendaraan dan pengemudi merupakan salah satu kunci penting saat berkendara agar terhindar dari segala potensi kecelakaan lalu lintas.

Pasalnya, menurut Investigasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sekitar 80 persen faktor penyebab kecelakaan lalu lintas itu dipicu oleh kelelahan pengemudi yang menyebabkan turunnya kewaspadaan.

Oleh karena itu, sebagaimana dikatakan oleh Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat, Djoko Setijowarno, hendaknya pengemudi memperhatikan waktu istirahat saat berkendara yang cukup jauh.

Baca juga: Jangan Percaya Penuh dengan Google Maps, Bisa Malah Tersesat

Ilustrasi kecelakaan kendaraan.Shutterstock Ilustrasi kecelakaan kendaraan.

"Hasil investigasi ini, di beberapa kecelakaan lalu lintas yang melibatkan bus umum, salah satu penyebabnya kurang waktu istirahat pengemudi," kata dia dalam keterangannya.

Selain itu, pengemudi tidak mampu memahami gerakan pengguna jalan lain juga menjadi faktor utama terjadi kecelakaan. Hal ini bisa disebabkan karena salah persepsi, kecerobohan, pelanggaran lalu lintas sampai dengan kelelahan.

Ketiga, pengemudi tidak mampu memahami kondisi jalan dan lingkungan sekitar yang disebabkan jalan yang tidak sesuai standar pembangunan.

Jalan yang kurang informatif seperti tanpa marka dan minim rambu juga bisa menjadi faktor pemicu kecelakaan.

Baca juga: Tips Pakai Standar Tengah bagi Pemotor Wanita

Ilustrasi kecelakaan kendaraan.Shutterstock Ilustrasi kecelakaan kendaraan.

Oleh karenanya, ia memaparkan terdapat 4 kegiatan yang tercakup dalam situasional awarness sebagai salah satu solusi dari permasalahan.

"Yaitu persepsi atau mengamati, memahami secara komprehensif, memproyeksikan apa yang terjadi ke depan, dan mengambil tindakan yang diperlukan," tambah Djoko.

Adapun hal lain yang harus selalu dilakukan adalah mempersiapkan kondisi fisik dan kendaraan agar tetap prima serta siaga selama berada di jalan.

Sehingga harapannya, dengan persiapan yang matang, baik sebelum maupun sesudah berkendara, jumlah kecelakaan lalu lintas bisa ditekan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.