Buat yang Belum Tahu, Ini Fungsi Lampu Hazard di Motor

Kompas.com - 31/05/2022, 10:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Sepeda motor yang punya ukuran besar biasanya telah disematkan lampu hazard. Bukan cuma sekadar aksesori, tapi punya peran cukup penting dalam kondisi tertentu.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan jika banyak yang menyalahgunakan lampu hazard karena kurangnya pengetahuan yang dimiliki oleh pengendara motor tentang aturan lalu lintas.

Baca juga: Inden CX-3 Sampai 6 Bulan, Konsumen Batalkan Pemesanan

"Penggunaan lampu hazard untuk sepeda motor sebenarnya penting juga, namun biasanya hanya ada pada motor dengan tipe yang cukup besar. Karena pada saat motor mengalami kendala di jalan atau mogok, maka lampu hazard dapat digunakan sebagai tanda ketika berhenti di pinggir jalan," kata Agus beberapa waktu lalu di Jakarta.

Menurut Agus, untuk motor berukuran kecil yang mengalami masalah atau mogok di jalan masih mudah untuk dipindahkan atau dipinggirkan ke tempat yang lebih aman.

Sementara itu, untuk motor besar yang mengalami kejadian tersebut akan memakan banyak waktu dan tenaga sehingga dibutuhkan lampu hazard.

Tombol fitur lampu hazard pada Honda PCXZulfana K. Rijal Tombol fitur lampu hazard pada Honda PCX

Sesuai dengan fungsinya, lampu hazard adalah sebagai tanda di saat kendaraan berhenti dalam keadaan darurat sesuai dengan peraturan pemerintah.

Fungsi lain dari lampu hazard adalah memberi tahu kepada pengendara di belakang untuk berhati-hati, misalnya di depan ada kecelakaan atau ada orang yang akan menyeberang.

Baca juga: Sandiaga Uno Lepas Komunitas Bikers Dukung Gresini Racing

Lampu hazard pada sepeda motor sering disalahgunakan oleh pengendara. Pengendara motor kerap menggunakan hazard sebagai tanda rombongan yang sedang melakukan touring di jalan raya.

"Fungsi lampu hazard sebenarnya untuk tanda saat kendaraan berhenti darurat, namun saat ini memang penggunaan lampu hazard banyak disalah fungsikan oleh pengendara," kata Agus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.