Kompas.com - 20/05/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan digelar di Surabaya, Jawa Timur pada 1-5 Juni 2022 mendatang ditargetkan dapat mencapai nilai transaksi Rp 12 miliar.

Angka tersebut memang tidak begitu besar dibandingkan helatan serupa yang digelar di DKI Jakarta beberapa waktu lalu, yang mencapai Rp 4,3 triliun.

Sebab, sebagaimana dikatakan Presiden Direktur Dyandra, Hendra Noor Saleh, hal tersebut karena adanya perbedaan skala tempat dan waktu di IIMS Series termasuk Surabaya.

Baca juga: Jadwal IIMS Tahun Depan, Digelar 16-26 Februari 2023

Pameran Otomotif IIMS 2022KOMPAS.com/Ruly Pameran Otomotif IIMS 2022

"Angka transaksi kita targetkan sekitar Rp 12 miliar. Memang cukup jauh dibanding dengan Jakarta, karena ada alasan yaitu tempat dan waktu pameran yang berlangsung tak begitu lama," katanya, Kamis (19/5/2022).

Diketahui, perhelatan IIMS 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat lalu digelar pada 30 Maret sampai 10 April 2022. Artinya, terdapat sepuluh hari perhelatan pameran.

Sementara secara lingkup, pameran dapat menjangkau wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang pada tingkat populasi-nya mayoritas di Indonesia.

Meski begitu, dia menilai bahwa waktu lamanya pameran memang sudah ukuran yang pas jika dilakukan di luar Jakarta. Hal tersebut dikarenakan lingkup area yang terbatas.

"Memang waktu yang pas itu enam hari kalau di luar Jakarta, itu memang tradisi event kita di luar DKI Jakarta, seperti di Yogyakarta, Makasar, dan Medan kayak gitu juga," ucap Kohen.

Baca juga: Digelar Bulan Depan, IIMS Surabaya 2022 Pakai Konsep Hybrid

Modifikasi IAM di IIMS 2022Kompas.com/ApridaMegaNanda Modifikasi IAM di IIMS 2022

Kendati tidak memiliki nilai target yang sama dengan Ibu Kota, IIMS Series di Surabaya setidaknya akan didatangi oleh sekitar 15.000 pengunjung selama pameran berlangsung.

Kohen berharap, dengan hadirnya pameran otomotif tahunan ini dapat menyerap banyak pemasukan ekonomi daerah khususnya Jawa Timur. Terlebih pasca-pandemi Covid-19 yang berlangsung selama dua tahun belakangan.

"Target kita itu 15.000 pengunjung. Itu jangan disamakan dengan yang di Jakarta ya karena beda waktu dan juga luas tempat," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.