Kompas.com - 20/05/2022, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum berkendara, pengemudi perlu memperhatikan berbagai hal seperti kesiapan kendaraan dan fisik agar perjalanan bisa berjalan tanpa gangguan.

Seringkali, kecelakaan lalu lintas terjadi akibat kelalaian atau pengemudi abai terhadap keadaan di kabin. Salah satu hal yang cukup fatal terjadi adalah posisi karpet mobil tidak sesuai hingga bisa mengganjal pedal gas.

Seperti yang diunggah oleh seorang pengguna TikTok @wilonaputri997. Rekaman tersebut menunjukkan satu unit mobil yang rusak parah. Ketika kamera diarahkan ke kabin pengemudi, terlihat bahwa posisi karpet ternyata mengganjal pedal gas.

Baca juga: Kesalahan Umum Saat Parkir Mobil Matik, Asal Injak Pedal Gas

Setelah diinjak, terlihat pedal gas tidak kembali ke posisi semula akibat tersangkut karpet mobil. Alhasil, kendaraan bisa kehilangan kendali karena laju kendaraan tidak dapat dihentikan.

"Akhir2 ini banyak terjadi kecelakaan mobil. Rupanya salah satu penyebabnya adalah tersangkutnya pedal gas di 'karpet maut'. Sehingga posisi pedal gas tertekan terus sekalipun kaki pengemudi sudah diangkat," tulis unggahan tersebut seperti dikutip Kompas.com, Kamis (19/5/2022).

Satu hal yang  bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gas nyangkut akibat 'karpet maut' adalah dengan memperhatikan penggunaan karpet mobil.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu menjelaskan, pengemudi perlu memilih karpet yang melewati pedal gas.

"Karena itu, pilihlah karpet yang betul-betul melewati pedal gas, bukan setengah atau terlalu pendek, karena itu bisa mengganggu atau mengganjal pedal gas sendiri," ucap Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

@wilonaputri997 karpet maut.hati hati ya kawan#fyp #viral #masukberanda ? suara asli 997 - Wilona Putri

Selain pemilihan karpet, Jusri mengatakan tidak sedikit pengemudi memiliki kebiasaan meletakkan barang di ruang kaki atau di bawah jok pengemudi. Padahal, ada kemungkinan barang-barang tersebut berpindah dan mengganggu pengoperasian pedal.

Maka, Jusri menyarankan pengemudi untuk meletakan barang di bagasi, atau di ruang kaki penumpang sebelah kiri agar lebih mudah diakses.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.