Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Jangan Malas Cek Kondisi Ban Serep Mobil

Kompas.com - 19/05/2022, 18:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memastikan kelayakan ban cadangan di mobil pribadi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan keamanan berkendara. Pasalnya hingga saat ini tidak jarang pemilik yang masih abai.

Diketahui, ban cadangan berfungsi penting ketika berkendara terkhusus dalam perjalanan jauh. Ketika ban yang terpasang bocor di jalan, ban ini menjadi bermanfaat sebagai pengganti sementara.

"Memeriksa kondisi bagian ini perlu dilakukan sehingga saat dibutuhkan, pengemudi sudah memiliki ban cadangan atau serep yang memang layak pakai," kata Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International - Peugeot, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Pelaku Konversi Mobil Listrik Tuntut Legalitas

Ban serepFoto: Peugeot Ban serep

Menurut dia, pengecekkan terkait cukup mudah yakni dengan memastikan tekanan angin, profil, hingga kualitas ban masih baik. Sebab meski jarang digunakan tekanan angin ban bisa saja berkurang.

Apabila memang begitu, segera lakukan pengisian angin di tempat yang menyediakan pengisian udara. Sehingga kondisinya tetap sesuai dengan ban luar yang sedang digunakan.

"Kalau tekanannya kurang atau habis saat ban serep diperlukan malah berisiko. Selain harus cari bengkel terdekat, ban yang kempes di kabin juga rawan rusak," kata dia.

"Oleh karena itu, sering-sering dicek minimal satu bulan sekali," lanjut Roni.

Baca juga: Pelat Nomor Putih Mulai Diterapkan Bulan Depan

Salah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil MaseratiAditya Maulana, KompasOtomotif Salah satu kompartemen penyimpanan ban serep di mobil Maserati

Ia juga menyarankan, sebaiknya ban cadangan yang jarang digunakan bisa dinaikkan tekanan anginnya sampai 2 psi di atas spesifikasi pabrik. Hal ini untuk menghindari berkurangnya tekanan karena penguapan di tempat penyimpanan ban.

Kemudian, supaya usianya lebih lama sebaiknya lindungi ban cadangan dengan semir yang berfungsi tidak hanya mempercantik tapi juga sebagai pelembab.

Terakhir, pemilik juga bisa rutin mencuci ban cadangan sebulan sekali bersamaan dengan peleknya supaya tidak mudah berkarat. Setelah itu, lapisi permukaan dengan semir ban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com