Suzuki Mau Cabut dari MotoGP, Ini Kata Dorna

Kompas.com - 04/05/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki dikabarkan bakal hengkang dari MotoGP usai musim 2022. Meski belum ada statemen resmi, tapi kabar itu ditengarai bukan isapan jempol.

Promotor MotoGP yaitu Dorna Sports buka suara mengenai masalah ini. Dorna mengingatkan Suzuki jangan mengambil keputusan sepihak sebab kontraknya baru habis pada 2026.

Dorna menegaskan bahwa Suzuki telah menandatangani kontrak untuk tetap di MotoGP hingga 2026. Apalagi perpanjangan kontrak tersebut baru dilakukan pada musim lalu.

Baca juga: Cara Alami Hilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

Para mekanik dari tim Suzuki Ecstar saat mengecek dan menggeber motor bernomr 36 milik Joan Mir.KOMPAS.com/BENEDIKTUS AGYA PRADIPTA Para mekanik dari tim Suzuki Ecstar saat mengecek dan menggeber motor bernomr 36 milik Joan Mir.

“Menyusul rumor terbaru Suzuki meninggalkan MotoGP pada akhir 2022, Dorna Sports secara resmi menghubungi pabrikan untuk mengingatkan mereka bahwa kondisi kontrak mereka untuk balapan di MotoGP tidak memungkinkan mereka mengambil keputusan ini secara sepihak," tulis Dorna mengutip Crash.net, Rabu (4/5/2022).

Namun, Dorna juga tidak menutup jalan sepihak. Semua hal bisa dirundingkan dan jika Suzuki memutuskan untuk pergi usai musim 2022, maka Dorna akan mencari jalan keluar.

“Namun, jika Suzuki pergi setelah kesepakatan antara kedua belah pihak, Dorna akan memutuskan jumlah ideal pebalap dan tim balap di kelas MotoGP mulai 2023," tulis Dorna.

Baca juga: Ini Jalur Alternatif Jakarta-Bandung Saat One Way Arus Balik

Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Dorna mengatakan banyak pabrikan dan dan tim Independen yang ingin bisa balapan di MotoGP.

"Dorna terus menerima minat tingkat tinggi dari sejumlah pabrikan resmi dan tim independen yang ingin bergabung dengan grid MotoGP," kata Dorna.

"Karena olahraga ini terus menjadi contoh global persaingan ketat, inovasi dan hiburan, menjangkau ratusan juta penggemar di seluruh dunia," tulis Dorna.

"Minat dari pihak-pihak ini telah dikonfirmasi ulang dalam 24 jam terakhir," kata pemilik hak komersial MotoGP tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.