Kompas.com - 03/05/2022, 14:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rekayasa lalu lintas terus diterapkan tidak hanya pada arus mudik. Untuk arus balik, pihak kepolisian akan kembali menerapkan skema lalu lintas one way atau satu arah.

One way akan diberlakukan untuk arus balik Semarang-Jakarta, dimulai pada 6 Mei hingga 8 Mei 2022. Skema lalu lintas tersebut diterapkan untu mengantisipasi terjadinya kemacetan yang panjang.

Baca juga: Cara Pantau Pemberlakuan One Way di Jalan Tol dengan Google Maps

Diunggah oleh akun Instagram @tmcpoldametro, Selasa (3/5/2022), ada beberapa alternatif rute yang disarankan oleh pihak kepolisian. Berikut pilihan alternatif rute tersebut:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

Alternatif 1
Jagorawi - Puncak - Cisarua - Cipanas - Cianjur - Sukaluyu - Cipatat - Padalarang - Bandung

Alternatif 2
Jagorawi - Cibubur -Cilengsi - Jonggol - Cianjur - Padalarang - Bandung

Alternatif 3
Kalimalang - Kedungwaringin - Karawang - Purwakarta - Wanayasa - Lembang - Bandung

Alternatif 4
Kalimalang - Kedungwaringin - Karawang - Purwakarta - Sukatani - Darangdan - Cikalong - Padalarang - Bandung

Baca juga: Puncak Arus Mudik sudah Lewat, Rekayasa One Way Dihentikan

Namun, kepolisian telah menyebutkan bahwa aturan one way bersifat situasional. Artinya, rekayasa lalu lintas didasarkan pada perkembangan kondisi aktual di lapangan.

Pemberlakuan one way dari kilometer 47 sampai kilometer 70 tol Jakarta-Cikampek telah dihentikan, Sabtu (30/4/2022). Kepadatan terjadi di sejumlah titik.KOMPAS.COM/FARIDA Pemberlakuan one way dari kilometer 47 sampai kilometer 70 tol Jakarta-Cikampek telah dihentikan, Sabtu (30/4/2022). Kepadatan terjadi di sejumlah titik.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol. Gatot Repli Handoko mengatakan, masyarakat diimbau untuk memantau perkembangan informasi melalui sosial media Polri, NTMC, atau pemberitaan di media massa.

"Tapi rekayasa lalu lintas ini diberlakukan dengan melihat situasional dan melihat arus yang masuk maupun keluar tol," ujar Gatot, belum lama ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.