Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Jalur Alternatif Menuju Kawasan Puncak Bogor

Kompas.com - 04/05/2022, 07:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat mencatat terdapat lima jalur alternatif menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor atau sebaliknya selama libur Idul Fitri 1443 H alias Lebaran 2022.

Mengingat, wilayah tersebut merupakan salah satu destinasi utama bagi warga atau wisatawan asal Jabodetabek. Sehingga, polisi setempat berlakukan kebijakan pembatasan mobilitas seperti one way.

"Jalur Puncak merupakan destinasi wisata, sehingga terjadi peningkatan arus volume terjadi di H+1 Lebaran," ujar Kasatlantas Polres Bogor, AKP Dicky Anggi di Bogor, Selasa (3/5/2022) dikutip dari Antara.

Baca juga: Kakorlantas Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal

Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/5/2022).

Lima jalur alternatif tersebut, pertama, ruas tol Sentul Selatan-Babakan Madang-Pasir Angin dengan rute arah Jakarta menuju Puncak, keluar di Simpang Pasir Angin.

Jalur tersebut memiliki panjang sekitar 20 kilometer dan lebar jalan enam meter.

Kedua, Cileungsi-Jonggol-Cariu dengan rute Jakarta-Cianjur-Bandung, yang memiliki panjang sekitar 55 kilometer, dengan lebar jalan sekitar delapan meter.

Ketiga, Cilember-Jogjogan-Ciburial. Jalur tersebut merupakan alternatif mudik dan wisata Puncak dengan panjang jalan sekitar delapan kilometer dan lebar sekitar lima meter.

Keempat, Jatiwangi-Bendungan-Ciawi, yaitu rute alternatif balik jalur Puncak dengan panjang sekitar 13 kilometer dan lebar enam meter.

Baca juga: Begini Suasana Jalanan Jakarta Saat Lebaran

Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA Sejumlah pengendara antre di jalur wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (27/2/2022). Tingginya antusiasme masyarakat untuk berwisata pada libur akhir pekan dan libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, mengakibatkan kepadatan kendaraan di jalur Puncak Bogor sehingga Satlantas Polres Bogor melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan kendaraian.

Sementara untuk ruas kelima, bisa melalui Cigombong/Caringin-Cipaku Kota Bogor, dengan rute dari Sukabumi menuju Cipaku Kota Bogor yang panjangnya sekitar 14,7 kilometer dan lebar jalan sekitar delapan meter.

Selama Operasi Ketupat yang dilaksanakan dalam rangka mengamankan selama masa arus mudik, arus balik, dan libur Lebaran, Polres Bogor beserta instansi-instansi terkait menurunkan sekitar 2.000 personel untuk bersiaga di seluruh kawasan Bogor.

"Saat ini ada kebijakan dari pemerintah terkait one way di jalur Cikampek menuju Jawa, tentu ini pasti akan memiliki imbas ke sini, maka kami tetap menyiagakan personel untuk bersiaga," kata Dicky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com