Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Hari Ini | Mau Irit BBM Tapi Berujung Maut, Ingat Bahaya Slipstream di Jalan Tol

Kompas.com - 04/05/2022, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com— Satlantas Polres Bogor akan menerapkan sistem ganjil genap di jalur ke wilayah Puncak, Kabupaten Bogor, pada Selasa (3/5/2022) ini guna menekan kepadatan mobilitas masyarakat.

Pemeriksaan pembatasan kendaraan tersebut akan dilakukan di Simpang Gadog. Hanya saja, pemberlakuannya situasional atau tergantung pada kondisi di lapangan.

"Kita lihat peningkatan arus kendaraan ya, besok pagi kita berlakukan lagi ganjil genap untuk kendaraan menuju ke kawasan Puncak, diberlakukan mulai pagi hari," kata KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana, Senin (2/5/2022).

Baca juga: Antisipasi Arus Balik, Polda Metro Jaya Siapkan Rekayasa di GT Halim

Selain itu, berkendara di jalan tol sangat tinggi risiko kecelakannya. Sehingga, pengemudi disarankan untuk selalu mengikuti aturan dan menjaga perilaku.

Salah satu tindakan yang sangat berbahaya, tapi masih dilakukan sebagian pengemudi adalah melakukan slipstream. Teknik berkendara ini biasa dilakukan pada ajang balap, tetapi dinilai sangat berbahaya jika dilakukan di jalan raya.

Slipstream lazim digunakan saat balapan. Teknik ini memanfaatkan kendaraan yang ada di depan untuk menahan terpaan angin. Sehingga, kendaraan yang ada di belakangnya tidak terlalu terhambat oleh angin dan dapat melaju lebih cepat.

Baca juga: Cara Pantau Pemberlakuan One Way di Jalan Tol dengan Google Maps

Selengkapnya, berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 3 Mei 2022 :

1. Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Hari Ini


Dia mengatakan, ganjil genap ditujukan untuk mencegah kemacetan lalu lintas di kawasan Puncak. Kendaraan yang pelatnya tidak sesuai tanggal ganjil atau genap akan diputar balik ke daerah asal.

"Kita tetap putar balik kalau tidak sesuai dengan aturan ganjil genap, kecuali kendaraan-kendaraan yang sudah dikecualikan ya," kata Ketut.

Sebelumnya, Polres Bogor tidak memberlakukan one way ataupun ganjil genap di jalur Puncak pada hari pertama Lebaran ini. Polisi mengatakan, ganjil genap tidak diterapkan demi mempermudah masyarakat beraktivitas pada hari pertama Lebaran.

Baca juga: Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Hari Ini

2. Mau Irit BBM Tapi Berujung Maut, Ingat Bahaya Slipstream di Jalan Tol

Ilustrasi slipstream di belakang trukcnet.com Ilustrasi slipstream di belakang truk

Tapi, untuk melakukannya, jarak antara kendaraan yang di depan dengan yang di belakang harus cukup dekat. Maka itu, teknik ini dinilai sangat berbahaya jika dilakukan di jalan raya.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan, slipstream di jalan tol memiliki risiko yang sangat tinggi terjadinya kecelakaan. Sebab, jarak aman antara kendaraan jadi terabaikan.

"Potensi kecelakaan beruntun juga meningkat, karena kurangnya ruang atau waktu untuk bereakssi atau bermanuver saat kendaraan di depan melakukan pengereman secara mendadak," ujar Jusri, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Mau Irit BBM Tapi Berujung Maut, Ingat Bahaya Slipstream di Jalan Tol

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com