Cara Alami Hilangkan Bau Tidak Sedap di Kabin Mobil

Kompas.com - 03/05/2022, 19:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kabin mobil yang bau atau beraroma tidak sedap menjadi hal yang menjengkelkan bagi pengendara. Bukan hanya mengganggu indra penciuman, kondisi ruangan mobil bau juga akan membuat kepala pusing.

Penyebab aroma tidak sedap di kabin mobil bermacam-macam. Kendati telah menggunakan pengharum ruangan, terkadang bau tersebut tetap tercium.

Jika aroma terus membandel, tidak ada salahnya mengusir bau menggunakan cara sederhana dan alami.

Baca juga: Hasil Klasemen Usai MotoGP Spanyol 2022, Quartararo Masih Memimpin

Langkah pertama yaitu menggunakan menyimpan benda-benda berbau menyengat yang ada di dalam mobil ke dalam tempat penyimpan kedap udara.

Namun, cara ini akan menyita ruang bagasi atau kabin. Cara yang lebih mudah yaitu memasukan benda sumber bau ke dalam plastik pembungkus.

Sebagai contoh, durian yang identik dengan bau menyengat, pemilik mobil dapat menggunakan minimal tiga lapis plastik dengan bagian ujung plastik diikat dengan karet gelang atau klip plastik.

Bersihkan kabin mobil dari sampah dan remah-remah makanan agar semut tak kembali masuk ke dalam mobil.Unsplash/Andrew Mcelroy Bersihkan kabin mobil dari sampah dan remah-remah makanan agar semut tak kembali masuk ke dalam mobil.

Langkah lainnya, yakni menggunakan bubuk kopi. Bubuk kopi dipercaya memiliki kemampuan menetralkan bau menyengat. Caranya yaitu dengan menyediakan wadah kecil berisi kopi bubuk.

Pada bagian bawah wadah diberi selotip bolak-balik dan ditempelkan pada bawah jok depan agar bekerja maksimal.

Kemudian, tidak ada salahnya membersihkan noda yang tertinggal di kabin mobil. Bila ada benda yang jatuh ke kabin, entah itu bahan masakan, makanan siap saji, atau belanjaan pasar harus segera dibersihkan.

Apabila terlalu lama dibiarkan, maka aromanya akan melekat dan noda sulit dibersihkan.

Baca juga: 1,6 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Cara mudah untuk membersihkannya, yaitu dengan semprotkan noda atau cairan interior cleaner. Jika tidak punya, maka cairan pembersih noda rumah tangga juga bisa digunakan.

Lalu, seka kotoran menggunakan sikat halus dan angkat menggunakan kain lap yang sudah sedikit dibasahkan.

Selanjutnya, untuk memastikan permukaan kering, seka ulang dengan kain microfiber. Jika bau belum hilang, maka taburkan bubuk kopi di tempat menjadi sumber bau tak sedap tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.