Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Geber Suzuki Grand Vitara di Lintasan Offroad Ringan

Kompas.com - 26/07/2024, 16:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

TANGERANG, KOMPAS.com - Dalam rangkaian GIIAS 2024, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kesempatan beberapa media merasakan sensasi berkendara tiga unit sport utility vehicle (SUV) di lintasan offroad Pagedangan, BSD, Tangerang.

Suzuki Jimny 5 pintu, XL7 Hybrid, dan Grand Vitara Hybrid menjadi model SUV yang siapkan pada sesi media test drive singkat kali ini.

Dari ketiganya, redaksi memilih menggunakan Grand Vitara Hybrid dengan mesin K15C Dual Jet berkapasitas 1.500 cc.

Berdasarkan data, tenaga yang dihasilkan mencapai 103,06 Ps atau 101,65 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 136,8 Nm di putaran 4.400 rpm yang ditransfer via transmisi otomatis 6 percepatan AT konvensional.

Baca juga: Daihatsu Terios Graphite, Tampil Mewah di Lantai GIIAS 2024

Suzuki Grand Vitara GIIAS 2024SIS Suzuki Grand Vitara GIIAS 2024

Meski pengujian berada di permukaan tanah, namun jalur yang dipilih lebih ke offroad ringan. Alasannya bukan sekadar pertimbangan spesifikasi, tapi juga menyesuaikan peruntukan Grand Vitara sebagai urban SUV yang masih bisa diajak bermain melewati medan-medan tertentu.

Diajak melewati jalan tanah bergelombang pada kecepatan 30-40 kpj, suspensi depan dan belakang Grand Vitara masih mampu mereduksi guncangan.

Hal ini membuat pengendara bisa tetap fokus mengendalikan mobil meski ceritanya berbeda untuk penumpang di baris kedua yang terasa seperti diombang-ambing.

Baca juga: Pasar Sedang Lesu, Toyota Selektif Menaikkan Harga Mobil

Menariknya, ketika melewati jalan sedikit menajak yang permukaan yang tanah yang tak rata, ternyata Grand Vitara masih bisa melewatinya tanpa harus memindahkan tuas transmisi ke posisi lebih rendah. Cukup di D, SUV ini sudah bisa naik dengan membawa tiga orang penumpang.

Suzuki Grand Vitara GIIAS 2024SIS Suzuki Grand Vitara GIIAS 2024

Dimensi ringkas yang dimiliki Grand Vitara dan ground clearance yang jenjang, membuat SUV CBU India ini tak kesulitan melewati medan bebatuan. Namun bila ingin lebih "proper" lagi, tentunya sektor kaki-kaki, seperti suspensi dan ban perlu diganti sehingga bisa memberikan dampak signifikan untuk handling-nya.

Suzuki Grand Vitara generasi baru mengusung Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS). Meski tak memiliki motor listrik, namun teknologinya bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dan menekan emisi gas buang.

Baca juga: Mobil Listrik Suzuki eVX Mulai Produksi Massal 2025

Adanya baterai membuat kerja mesin Grand Vitara di putaran awal cukup terbantu sehingga dapat memberikan efek positif pada tingkat konsumsi bahan bakar. Perangkat teknologi tersebut juga memungkinkan fitur engine auto start-stop bekerja maksimal.

Suzuki Grand Vitara GIIAS 2024SIS Suzuki Grand Vitara GIIAS 2024

Suzuki memasarkan Grand Vitara dengan tiga varian, yakni GL dengan harga Rp 362 juta, GC Rp 388,4 juta, dan GX Two Tone Rp 391,4 juta on the road (OTR) Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau