Video Viral Penumpang Diduga Tertipu Bus Saat Mudik, Dioper-oper

Kompas.com - 04/05/2022, 07:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada musim mudik kali ini, ada saja kejadian buruk yang masih terjadi di Indonesia. Salah satunya adalah kasus penumpang bus yang dioper-oper sebelum sampai ke tempat tujuannya.

Video keresahan penumpang ini diunggah akun Andrikpratama656 ke Tiktok. Dia mengatakan sedang naik bus dari Jakarta menuju Ponorogo namun dioper jadi menggunakan bus ke arah Sragen.

"Nih busnya, Harta Sanjaya, tujuan Ponorogo 450 (Rp 450.000 harga tiketnya) dioper," ucapnya dalam video tersebut dikutip Kompas.com, Selasa (3/5/2022).

Baca juga: Travel Gelap Masih Marak, Berikut Risiko Bahaya Pakai Travel Ilegal

@andrikpratama656 Viralkan !!! tarif gak sesuai dan dioper bis lain #hartasanjayabus #hartasanjaya #lebaran2022 #fyp #fyp? ? suara asli - Andrik

Selain itu, dia juga menanyakan ke penumpang lainnya. Dengan tujuan ke Blitar, dia membayar Rp 650.000 untuk satu tiket bus eksekutif, tapi malah dioper ke kelas ekonomi.

Mengenai kasus bus seperti ini, memang kerap terjadi pada saat musim mudik. Penumpang pun membeli bisa saja karena kepepet atau kehabisan tiket bus yang resmi, jadi sembarang saja pilih armada.

Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam mengatakan, kejadian seperti ini adalah hal yang ditakuti para operator bus, penumpang yang salah naik bus yang tidak terpercaya.

Baca juga: Ganjil Genap di Jalur Puncak Bogor Berlaku Hari Ini

"Persiapan untu mudik dengan bus itu sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari. Jadi tiket dibeli di agen resmi atau PO langganan," ucapnya kepada Kompas.com, Selasa (3/5/2022).

Anthony mengatakan, kalau membeli tiket bus dadakan di terminal, khawatir penumpang terkena calo, agen abal-abal atau agen mudik yang tidak jelas.

"Kalau memang dadakan beli tiketnya, ya tetap pergi ke agen resmi. Biasanya agen resmi punya kios di terminal," ucap Anthony.

Kemudian, agar tidak kena tipu, bisa cek di aplikasi resmi perusahaan atau online travel agent. Biasanya bus-bus yang reguler dan resmi mengisi jalur AKAP, pasti setidaknya ada namanya di situ.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.