Kompas.com - 27/04/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Merapah Trans-Jawa 2022 kali ini, redaksi Kompas.com ditemani dua mobil dari Suzuki, yakni XL7 dan Ertiga Sport.

Keduanya diajak berpetualang menelusuri tol sepanjang 862 Km dari Jakarta hingga Probolinggo jelang mudik Lebaran 2022.

Merapah Trans-Jawa kelima ini berkolaborasi dengan Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai sponsor utama, didukung oleh Bodrex, dan Intiwhiz International.

Tim redaksi mengendarai Suzuki XL7 bertransmisi otomatis. Kami menggunakan tipe Alpha yang merupakan varian tertinggi di keluarga Suzuki.

SUV 7 seater ini digunakan mulai dari Jakarta sampai Probolinggo dengan mengunjungi beberapa kota besar sepanjang perjalanan, seperti Semarang dan Surabaya.

Baca juga: Estimasi Biaya Mudik Jakarta-Surabaya Pakai Suzuki XL7, Siapkan Rp 1 Jutaan

Hampir semua fitur berkendara yang ada di Suzuki XL7 kami gunakan untuk melibas ruas Tol Trans-Jawa pada lintasan yang berlapis aspal dan beton.

Kebetulan unit yang kami kendarai merupakan varian Alpha bertransmisi matik. Saat melakukan perpindahan gigi terasa begitu halus dan saat memindahkan tuas transmisi juga terasa mudah.

Suzuki XL7 - Merapah Trans Jawa 2022Kompas.com/ApridaMegaNanda Suzuki XL7 - Merapah Trans Jawa 2022

Ketika dihadapi kondisi stop and go di kemacetan, cukup menyentuh sedikit pedal gas mobil sudah meluncur ke jalan.

Sedangkan dalam situasi lalu lintas ruas tol yang lenggang dan membawa mobil ini dalam kondisi santai, asupan tenaga mesin 1.500 cc yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 4-percepatan yang mampu mencapai tenaga 103,2 Tk dan torsi puncak sebesar 138 Nm sudah bisa diandalkan.

Baca juga: Mudik via Tol Trans-Jawa, Tak Semua Gerbang Tol Punya Struk Pembayaran

Adapun dari sisi sensasi berkendara, Suzuki XL7 mampu memberikan kemudahan dalam pengendalian. Sistem kemudi cukup nyaman dikendarai meski hanya bisa tilt belum teleskopik.

Fitur hiburan yang ada pada headunit bisa diakses melalui tombol yang ada di kemudi, dengan begitu pengendara cukup menekan tombol dan tak perlu repot lagi melepas genggaman untuk mengutak atik audio saat akan mendangarkan lagu favorit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.