Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik via Tol Trans-Jawa, Tak Semua Gerbang Tol Punya Struk Pembayaran

Kompas.com - 26/04/2022, 15:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Struk pembayaran tol terkadang dibutuhkan bagi sebagian pengendara, termasuk yang akan mudik melewati ruas Tol Trans-Jawa pada musim Lebaran 2022.

Namun, perlu diingat, tak semua gerbang tol di sepanjang ruas Trans-Jawa mengeluarkan struk.

Dalam perjalanan tim Merapah Trans-Jawa 2022 dari Jakarta hingga Solo, tercatat ada beberapa gerbang tol yang tidak mengeluarkan struk pembayaran.

Baca juga: Mudik via Tol Trans Jawa, Pastikan Ketersediaan BBM Cukup

Pertama, Gerbang Tol Cikarang Utama yang berlokasi di ujung tol Jakarta-Cikampek.

Pengendara dari arah Jakarta yang melintas di gerbang tol ini hanya diminta menempelkan uang elektronik untuk pengecekan saldo, dan tidak ada struk yang keluar.

Kemudian, di akses masuk ke Tol Cikopo Palimanan (Cipali) pengemudi juga tidak akan menemukan struk. Sebab belum ada transaksi di lokasi ini.

Pemotongan saldo baru terjadi di Gerbang Tol Palimanan Utara. Di lokasi ini pengemudi baru menemukan struk pembayaran dengan tarif Rp 139.000. Perinciannya, Rp 20.000 untuk Jakarta Cikampek dan Rp 119.000 untuk Cikampek Palimanan.

Kendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa. Kenali lokasi rest area di ruas tol yang dilewati untuk menghindari berkendara dalam keadaan lelah.ANTARA FOTO/SISWOWIDODO Kendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa. Kenali lokasi rest area di ruas tol yang dilewati untuk menghindari berkendara dalam keadaan lelah.

Integrasi juga belanjut di tiga ruas tol, yakni Palimanan Kanci, Kanci-Pejagan, dan Pejagan-Pemalang (sampai Brebes Timur). Bila melintasi di tiga uras tol ini, pengemudi hanya diminta menempelkan uang elektronik di Tol Brebes Timur.

Di gerbang inilah ada pemotongan saldo ditandai adanya struk Rp 102.000. Rinciannya Rp 12.500 untuk Palimanan-Kanci, Rp 29.500 untuk Kanci-Pejagan, dan Rp 60.000 Pejagan Pemalang.

Tak hanya itu, pembayaran tarif untuk Jalan Tol Cipali yang semula dilakukan di GT Palimanan akan dilakukan di GT Kalikangkung.

Adapun pada ruas tol Semarang-Solo juga dilakukan sistem integrasi. Di mana pemudik hanya membayar transaksi di Banyumanik apabila akan menuju arah Solo.

Baca juga: Rest Area Cipali Sudah Mulai Ramai Disinggahi Pemudik

Sebelumnya, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru mengatakan, gerbang tol yang tidak mengeluarkan struk pembayaran adalah gerbang tol yang sudah menerapkan sistem integrasi pembayaran.

Maka dari itu, selalu diimbau kepada calon pemudik yang akan melintasi jalan tol agar selalu mengecek kembali sisa saldo uang elektronik Anda. Pastikan saldo tersedia sudah cukup agar tidak mendapat kendala saat melakukan transaksi di jalan tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com