Belajar Motor, Lebih Baik Langsung Matik atau Manual Dulu?

Kompas.com - 06/02/2022, 12:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor sebagai kendaraan roda dua jadi alat transportasi paling umum ditemui di Indonesia. Dimensinya yang lebih kecil dibanding kendaraan bermotor lainnya membuat motor lebih mudah dikendarai.

Mempelajari teknik berkendara sepeda motor pun relatif lebih mudah dibanding belajar mengemudikan mobil. Umumnya orang lebih cepat mahir mengendarai motor ketimbang menyetir mobil.

Baca juga: PO Rosalia Indah Borong Lagi 8 Unit Bus Baru

Sebagian orang beranggapan, belajar mengendarai motor lebih baik menggunakan sepeda motor bebek terlebih dahulu atau sepeda motor dengan kopling manual.

Alasannya, jika sudah mahir mengendarai motor bebek, maka akan lebih mudah mengendarai skuter matik (skutik) yang dianggap memiliki tingkat kesulitan lebih rendah.

AHM Safety Riding dan Training Centerastra-honda.com AHM Safety Riding dan Training Center

Selain itu, jika sudah menguasai teknik mengendarai motor bebek, untuk belajar mengendarai motor sport atau kopling akan lebih mudah karena prinsip berkendaranya yang hampir serupa.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan bahwa tidak masalah mau menggunakan motor matik atau manual pada saat belajar mengendarai sepeda motor.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Gelar Enam Kali Ajang Balap Internasional

"Bagi pengendara pemula bisa mulai belajar motor dengan tipe manual ataupun matik, yang penting adalah cc yang digunakan sebaiknya mulai dari cc yang paling kecil misal 100 cc atau 110 cc," kata Agus Kepada Kompas.com, Sabtu (5/2/2022).

Menurut Agus, ada beberapa kelebihan dan kekurangan tersendiri jika belajar menggunakan motor matik atau manual terlebih dahulu.

"Jika menggunakan motor matik tentu lebih mudah karena hanya bagian tangan yang beroperasi baik gas maupun rem," ucap Agus.

Jajal All New Honda Scoopy di  AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.Foto: AHM Jajal All New Honda Scoopy di AHM Safety Riding and Training Center, Cikarang, Jawa Barat.

Namun kekurangan jika belajar menggunakan motor matik menurut Agus yakni ketika beralih ke motor manual perlu waktu untuk mempelajari penggunaan gigi dan kopling.

Baca juga: Tanpa Diskon PPnBM, Tak Ada Lagi SUV Murah di Bawah Rp 200 Juta

"Demikian juga ketika belajar awal dengan menggunakan motor manual, ketika beralih ke motor matik akan melakukan penyesuaian pada penggunaan rem," kata dia.

Agus menambahkan, yang terpenting dari pengguna pemula yakni belajar mengenai keseimbangan dan membuka tutup gas agar lebih terampil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.