Aturan Baru Gelaran MotoGP, Kapasitas Penonton Dibatasi Hanya 100.000 Orang

Kompas.com - 06/02/2022, 07:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengantisipasi persebaran Covid-19 pada saat penyelenggaraan MotoGP Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menerbitkan aturan baru.

Aturan ini dibuat dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 2022 terkait pencegahan dan penanggulangan Covid19 pada penyelenggaraan Mandalika MotoGP di Mandalika, NTB yang ditandatangani 4 Februari 2022.

Baca juga: PO Rosalia Indah Borong Lagi 8 Unit Bus Baru

Inmendagri itu berlaku pada saat Official Pre-Season Test tanggal 11 sampai 13 Februari dan pelaksanaan Mandalika MotoGP pada tanggal 18 sampai 20 Maret 2022.

Dalam aturan tersebut dijelaskan mengenai pembatasan jumlah kapasitas penonton ajang balap motor dunia itu.

Tiket Motogp Mandalika 2022 bisa dibeli lewat MyPertaminaDOK. PERTAMINA Tiket Motogp Mandalika 2022 bisa dibeli lewat MyPertamina

“Pembatasan jumlah penonton paling banyak 100.000 orang, dengan kapasitas paling banyak 10 persen untuk kelas festival,” tulis Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (5/2/2022).

Menurut Safrizal, pengaturan ini ditujukan agar penyebaran virus Covid-19 dapat dikendalikan, baik sebelum, saat, maupun setelah seluruh rangkaian acara tersebut berlangsung.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Gelar Enam Kali Ajang Balap Internasional

Selain itu, semua penonton juga diwajibkan telah melakukan vaksinasi dosis kedua, serta membawa hasil negatif PCR swab test sehari sebelumnya atau H-1.

Kemudian untuk penonton yang berasal dari luar Pulau Lombok, akan diberlakukan skrining dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Sedangkan untuk penonton dari Pulau Lombok dilakukan pengecekan kesehatan dengan menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil negatif PCR 2x24 jam atau tes antigen 1x24 jam.

Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.Kompas.com/Alsadad Rudi Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.

“Kewajiban PCR dan vaksin dosis kedua tersebut tidak hanya diwajibkan untuk penonton saja, tetapi juga kepada seluruh pebalap, kru, dan ofisial,” imbuh Safrizal.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.