Kompas.com - 05/02/2022, 19:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comHelm merupakan perangkat keselamatan yang wajib digunakan oleh pengendara motor. Helm punya peranan penting dalam melindungi kepala saat pengendara terjatuh atau mengalami kecelakaan.

Komponen dari helm di antaranya, batok, visor, busa dan tali pengikat. Semua komponen tadi punya andil dalam melindungi kepala, begitu juga dengan visor.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ketika berkendara, visor helm sebaiknya dalam posisi tertutup sehingga muka pengendara terhindar dari embusan angin.

Baca juga: Pakai Helm untuk Keselamatan, Jangan karena Takut Ditilang

Helm open face dengan harga di bawah Rp 350 ribu di Jakarta Fair 2019 .Kompas.com/Gilang Helm open face dengan harga di bawah Rp 350 ribu di Jakarta Fair 2019 .

Visor dapat melindungi bagian muka dari berbagai macam potensi bahaya yang ada. Misalnya seperti batu kerikil yang tiba-tiba mental, debu di jalan, dan binatang kecil yang tidak terlihat,” ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Cek Harga MPV Pintu Geser per Februari 2022

Selain menghindari benda-benda kecil mengenai muka, visor helm juga bisa mengurangi luka fatal ketika terlibat kecelakaan. Misalnya ketika jatuh dari motor, dengan visor yang tertutup, muka jadi terhindar dari aspal.

“Biasanya pengendara akan lebih aware akan fungsi penting visor ketika pernah mengalami kecelakaan. Hal ini dikarenakan adanya efek jera atau trauma ketika berkendara,” kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.