Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemula, Begini Cara Benar Oper Gigi Perseneling Mobil Manual

Kompas.com - 05/02/2022, 17:42 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil bertransmisi manual memang butuh ketelitian dan perhatian lebih dibanding mobil transmisi otomatis.

Sebab pengemudi harus menginjak pedal kopling terlebih dahulu sebelum memindahkan gigi perseneling. Saat proses pemindahan perseneling pun tidak bisa asal agar sistem transmisi tidak mudah rusak.

Terkadang ditemui pemula yang masih melakukan kesalahan saat melakukan oper gigi perseneling. Kesalahan tersebut tidak jarang menyebabkan timbulnya suara berderak yang cukup keras saat perpindahan transmisi.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, menjelaskan bahwa saat mengendarai mobil manual, pengemudi harus benar-benar menginjak pedal kopling secara penuh sebelum mengoper gigi perseneling.

Baca juga: Ini Kesalahan Pengemudi Pemula Saat Pakai Mobil Transmisi Manual

Synchromesh ring, berwarna kuning yang dibuat dari bahan kuningan.Istimewa Synchromesh ring, berwarna kuning yang dibuat dari bahan kuningan.

Dengan begitu, tenaga akan rilis semua, flywheel dan cover kopling pun juga sudah terbebas sehingga bisa dengan mudah melakukan perpindahan gigi dengan mulus.

“Dalam kondisi ini putaran dari mesin sudah tidak menggerakkan gigi transmisi. Barulah bisa dilakukan pemindahan gigi percepatan,” ujar Suparna kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Perpindahan transmisi yang mulus bisa terjadi berkat adanya sistem synchromesh. Sistem ini bertugas menyamakan kecepatan roda gigi percepatan dengan pasangannya. Satu gigi diputar dari arah mesin atau input transmisi dan yang lainnya akan menjadi output transmisi.

Tujuan gigi percepatan disamakan, agar kedua gigi tersebut dapat diikat atau dikaitkan dengan mudah. Sehinga nantinya putaran mesin bisa diteruskan ke output tansmisi, kemudian tenaganya disalurkan pada ban.

Baca juga: Daftar Kesalahan Pemula Saat Menyetir Mobil Matik

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Selain perpindahan gigi transmisi saat kendaraan melaju ke depan, yang juga perlu diperhatikan adalah saat hendak menggunakan gigi mundur.

Suparna mengatakan, jika kendaraan hendak berjalan mundur sebaiknya pemindahan gigi persneling menunggu sampai kendaraan benar-benar berhenti.

Sebab jika mobil belum berhenti sepenuhnya tetapi tuas transmisi sudah digeser, kemungkinan besar akan terjadi bunyi “krak” meskipun pedal kopling sudah diinjak saat persneling dipindah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com