Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesalahan yang Kerap Dilakukan Pengendara Motor Pemula

Kompas.com - 05/02/2022, 18:42 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor masih dianggap sebagai alat transportasi yang mudah digunakan, makanya jumlahnya pun kian bertambah setiap hari.

Tak heran makin banyak green rider atau pengendara pemula yang menyemplak motor untuk beraktifitas. Sayangnya mereka hanya bermodalkan asal bisa saja. Kebanyakan dari mereka belum paham etika berkendara dan paham rambu-rambu lalu lintas.

Baca juga: Ini Kesalahan Umum Pengemudi Pemula Saat Masuk Jalan Tol

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ada beberapa kesalahan pengendara pemula yang berkaitan dengan keselamatan berkendara.

"Biasanya para pengendara pemula sering kali kurang memperhatikan keselamatan terutama soal kesadaran menggunakan riding gear seperti helm dan lainnya," kata Agus kepada Kompas.com, Sabtu (5/2/2022).

Ilustrasi riding gear (jaket motor)Dok. DAM Ilustrasi riding gear (jaket motor)

Selain kurangnya kesadaran terhadap penggunaan riding gear, Agus juga menyebutkan pengendara pemula masih banyak yang belum paham mengenai autran dan rambu lalu lintas.

Baca juga: Kebiasaan Ini Sepele, tetapi Bisa Bikin Transmisi Cepat Rusak

"Mereka juga terkadang kurang mematuhi rambu-rambu yang ada di jalan raya," ucap Agus.

Menurut Agus, hal ini disebabkan karena pada saat pertama kali belajar menggunakan sepeda motor hanya mempelajari pengoperasian motornya saja tanpa mempelajari cara berkendara aman.

"Nah, untuk mengatasi hal tersebut memang perlu kesadaran diri pegendara pemula untuk mempelajari cara berkendara aman agar lebih paham bagaimana berkendara yang baik, aman, dan nyaman di jalan raya," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com