Sirkuit Mandalika Gelar Enam Kali Ajang Balap Internasional

Kompas.com - 05/02/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain World Superbike (WorldSBK) dan MotoGP, Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, ditargetkan untuk menjadi tuan rumah ajang balap internasional lainnya.

Sirkuit Mandalika sukses menggelar WorldSBK 2021. Berikutnya, MotoGP 2022 akan digelar pada pertengahan Maret mendatang.

Baca juga: Ajang Balap Motor Tingkat Nasional dan Asia Akan Digelar di Mandalika

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengatakan, Sirkuit Mandalika tidak akan berhenti sampai di MotoGP saja.

Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)FITRI R Inilah foto udara Sirkuit Mandalika, yang diambil Minggu (23/1/2022)

"Kita akan undang lagi pertandingan-pertandingan internasional di Mandalika. Jadi, setidaknya dalam satu tahun ada kegiatan internasional lima sampai enam acara, tidak hanya roda dua," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet itu, di Jakarta, belum lama ini.

Bamsoet menambahkan, saat dirinya mendampingi Presiden Joko Widodo meninjau Mandalika, Jokowi sempat bertanya apakah sirkuit tersebut bisa digunakan untuk balap mobil. Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pun menjawab bisa.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Akan Gelar GT World Challenge Asia di November 2022

"Kemungkinan besar dalam waktu dekat juga akan uji coba untuk Formula 2. Mobilnya sudah disiapkan dan sudah didatangkan dari luar. Sean akan coba dengan mobil Formula 2 di Sirkuit Mandalika," kata Bamsoet.

"Kalau nanti menurut FIA layak, maka ini jadi sirkuit roda empat juga yang bisa menggelar kegiatan-kegiatan lain. Jadi, banyak targetnya, termasuk balap ketahanan (endurance)," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.