Tanpa Diskon PPnBM, Tak Ada Lagi SUV Murah di Bawah Rp 200 Juta

Kompas.com - 05/02/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya revisi harga yang dilakukan Daihatsu untuk low sport utility vehicle (LSUV), yakni Rocky dan Terios, membuat banderolnya kembali naik pada Februari 2022.

Efeknya, hal ini membuat kosumen yang sedang mencari SUV murah dengan dana terbatas atau di bawah Rp 200 juta, sudah tak lagi punya pilihan.

Banderol SUV Murah Rocky yang pada bulan lalu masih dipasarkan Rp 199,6 juta, kini sudah terkerek naik. Melihat dari situs resmi Daihatsu, harga varian termurah kini dijual Rp 200,6 juta.

Baca juga: Bocoran Insentif PPnBM 2022, Selektif untuk Mobil Rp 250 Juta ke Bawah

Meski terlihat kenaikannya sangat minim atau tipis, tapi cukup berpengaruh, apalagi bagi yang memiliki dana terbatas.

Test drive Toyota Raizedok TAM Test drive Toyota Raize

 

Namun tak perlu khawatir, dengan adanya kebijakan perpanjangan diskon PPnBM, kemungkinan besar bakal ada perubahan harga lagi.

Seperti diketahui, pemerintah akan memberikan diskon pajak atau relaksasi. Aturannya sudah resmi diteken Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani, dan saat ini sedang menunggu finalisasi pengundagan.

Tapi perlu diketahui, insentif PPnBM kali ini diberikan dengan skema berbeda, yakni hanya untuk mobil yang memiliki harga jual di bawah Rp 250 juta dengan PPnBM emisi 15 persen.

Baca juga: Klaim Menperin Soal Dampak Positif Dikson PPnBM

Selain itu, sebelumnya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto telah menjelaskan, insentif PPnBM tahun ini hanya 50 persen dan cuma berlaku sepanjang kuartal I tahun ini.

XL7Bank Kanchanavilai XL7

 

"Untuk otomotif dengan harga Rp 200 juta sampai Rp 250 juta yang tarif PPnBM-nya 15 persen, pada kuartal awal diberikan 50 persen ditanggung pemerintah. Jadi masyarakat hanya membayar 7,5 persen," kata Airlangga.

Walau lebih selektif, apalagi dengan adanya syarat besaran local purchase tertentu, tapi adanya kebijakan tersebut menjadi kabar baik bagi yang sedang mengincar SUV murah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.