Kompas.com - 19/01/2022, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu fasilitas yang ada pada bus antar kota yaitu toilet. Biasanya, posisi toilet bus ada di bagian belakang kabin atau di tengah, tergantung dari permintaan PO bus ketika memesannya di karoseri.

Isi dari toilet bus ada wastafel dengan cermin, bak, dan toilet serta semprotan air. Fasilitas tersebut tentu bisa dibilang cukup untuk perjalanan jauh dengan bus.

Tapi jika diperhatikan, dari mana sumber air yang ada di toilet bus? Apakah air tersebut menyatu dengan air AC atau ada tempat penyimpanan sendiri?

Baca juga: Bukan Sekadar Fungsi, Spion Bus Jadi Bagian Estetika Desain

toilet dalam busKompas.com/Fathan Radityasani toilet dalam bus

Supervisor Finishing Bus Karoseri Adiputro Yohan Setiawan menjelaskan, sumber air yang ada di toilet bus disimpan pada tandon air yang posisinya berada di belakang toilet.

“Itu diisi, jadi ada tandon airnya. Ada juga permintaan customer air AC dibuang ke tandon, tapi kalau standar Adiputro dipisah air AC dan air toilet,” ucap Yohan kepada Kompas.com, Rabu (19/1/2022).

Yohan menjelaskan, tandon yang ada pada toilet kapasitasnya lebih kurang 25 liter. Jadi kalau airnya habis, tinggal diisi ketika bus sedang berhenti atau istirahat. Untuk sistem pembuangan toilet bus biasanya langsung saja ke jalan raya.

Baca juga: Yamaha XMAX Meluncur dengan Warna Baru, Dijual Rp 62 Juta

“Ada juga yang pakai septic tank, tapi standarnya tidak ada. Semua bus sekarang pada minta langsung ke bawah, kalau pakai septic tank baunya masuk ke kabin,” kata Yohan.

Oleh karena itu, toilet yang ada di kabin hanya bisa digunakan ketika bus sedang berjalan. Selain itu, penumpang hanya boleh buang air kecil, sehingga tidak meninggalkan kotoran dan terjatuh di jalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.