Honda Jadi Merek Motor Terlaris Sepanjang 2021, Jual Hampir 4 Juta Unit

Kompas.com - 18/01/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan sepeda motor baru secara nasional pada 2021 menyentuh angka lima juta unit, tepatnya 5.057.516 unit. Jumlah tersebut naik 38 persen ketimbang 2020, 3.660.616 unit.

Capaian angka penjualan lebih dari 5 juta unit pada 2021 melebihi prediksi awal, di mana AISI hanya menargetkan penjualan sepeda motor nasional akan berkisar di angka 4,3 juta sampai 4,6 juta unit saja.

Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersil Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), menyebutkan, capaian positif tersebut jadi bukti bahwa daya beli masyarakat mulai membaik dan memberikan dampak positif kepada pasar otomotif roda dua.

Baca juga: Komparasi Yamaha Fazzio Hybrid dan Honda Scoopy

Honda BeatFoto: Wahana Honda Beat

Jika dirinci, maka Honda jadi merek dengan penjualan sepeda motor terlaris di sepanjang 2021. Honda sukses membukukan penjualan sebanyak 3.928.788 unit.

Dari data AISI, penjualan sepeda motor Honda didominasi oleh segmen skuter matik (skutik) entry level dengan kubikasi mesin 125 cc ke bawah. Tercatat lini yang diisi BeAT series, Genio, dan Scoopy ini terjual sebanyak 2.855.654 unit.

Merek sepeda motor terlaris kedua diraih oleh Yamaha. Merek berlogo tiga garpu tala ini mencatatkan penjualan sepeda motor berbagai segmen di angka 1.063.866 unit.

Baca juga: Ini Spesifikasi Yamaha Fazzio Hybrid

Booth Astra Honda Motor di GIIAS 2021Gilang Satria/Kompas.com Booth Astra Honda Motor di GIIAS 2021

Lantas menyusul di posisi ketiga adalah Kawasaki dengan capaian 43.540 unit, keempat ada Suzuki sebanyak 18.380 unit, dan kelima adalah TVS dengan penjualan 2.942 unit.

Secara umum, segmen skutik memang merajai penjualan sepeda motor domestik, jauh meninggalkan segmen motor lainnya. Tercatat skutik berkontribusi sebanyak 87,58 persen dari total penjualan motor nasional.

Sementara segmen motor bebek hanya menyumbang 6,30 persen penjualan, dan motor sport berkontribusi 6,12 persen saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.